ajak anak nonton bioskop? ini yang perlu diperhatikan

by - April 13, 2019



Anak pertama saya, Zafran (5th) lagi gandrung sama Bumblebee. Mobil kodok yang tiba-tiba berubah jadi robot baik yang unyu. Waktu lihat film Transformer di laptop ayahnya, doi jadi kepingin liat Bumblebee in person (maksudnya robot bumblebee beneran haha). Jadilah kita punya ide buat nonton di bioskop. Waktu itu, kita nonton di Transmart Surabaya. Kebetulan, lagi muter film Bumblebee. Sebelum masuk bioskop, di arena permainan juga ada robot bumblebee besar. Sukalah dia, poto-poto.

Ini adalah pengalaman pertama Zafran nonton bioskop. Awalnya dia takut masuk karena gelap haha. Saya juga ikut nonton. Kami nonton berempat. Saya, ayahnya, Zafran, dan Inara yang belum genap setahun. Pengenya sih gak ikut masuk, soalnya takut si adik rewel pas di dalem. Lagian kan sebenernya gak boleh bawa bayi ke bioskop. Tapi saya juga pengen liat Bumblebee, udah lama gak nonton haha.

Sebenernya sih saya takut kalau ada adegan dewasa di film Bumblebee. Karena di film ‘induknya’, Transformer, ada adegan dewasa. Makanya nanti saya mau nutupin matanya dia pas ada adegan dewasanya. Sambil bilangin ini itu. Dan betullah itu ada adegan dewasa. Saya sempet nutupin tu matanya. Sambil bilang, “ih malu”. Dan gak ada terusanya lagi, karena saya bingung mau ngomong apa hahaha… Jian mamak mamak ‘idealis’ yang langsung KO pas di lapangan wkwkwkw… parahnya lagi, belum juga nyampe separo film, si adik yang tadinya tidur malah bangun dan rewel. Terpaksa dong saya keluar, sebelum di lempar popcorn sama penonton lain. Trus saya nunggu di lobi. Sambil main-main sama anak kicik yang baru bisa berdiri.

Tiga jam berlalu, keluarlah mereka. Oiya, sebelum masuk bioskop saya bawain masnya bekal pizza plus air putih. Untung gak ketauan hehehe. Soalnya saya yakin nih anak pasti laper. Doi kan sering ngemil. Dan betul saja, tiga potong pizza cuma tinggal pinggiranya aja hahaha. Mamak tenang, anaknya gak kelaperan sampe mati demi nonton Bumblebee.

Sehabis nonton, mukanya antara bingung, capek tapi juga exited. Kata ayahnya sih, doi minta pulang mulu di dalem katanya lama hahaha. Gak tahunya habis nonton, malah dia crita apa aja tadi yang ditonton. “seru buk suaranya kenceng banget, dor, dor, dor” begitu katanya sambil sesekali nguap. Ngantuk berat tu. Lain hari, dia ikut-ikutan cara berubahnya Bumblebee. Tengkurep trus bilang sendiri, berubah!. Ya..ya…ya… lanjutkan..

Yang lucu nih, dia bilang gak mau lagi nonton di bioskop. Katanya lama, dingin dan gelap. Wkwkwkwk… Dasar ndeso kayak ibukmu le..le.. hahahaha. Tapi alhamdulillah nih, gak ada budget mbioskop buat anak. Simpen buat beli sekin ker ibuk ye hahaha.

Kalau ibu-ibu, anaknya udah minta nonton di bioskop belum?! Saya mau berbagi tips buat buibu yang mau ngajak nonton anaknya di bioskop. Ini sesuai pengalaman saya aja ya bu, kalau misalnya beda ya begitulah dunia hahaha…
  • Apa itu bioskop
Sebelumnya kasih tahu apa itu bioskop hahaha. Mungkin ini anak saya aja kali ya. Dalam benaknya, bioskop mungkin Cuma layar agak gede dikit dari tv-lah. Makanya sebelum berangkat dia exited banget. Bahkan sempet pamer ke temenya kalau mau nonton bumblebee di bioskop. Ladalah taunya dia sendiri takut mau masuk hahah. Referensi bisa dilihat dari youtube atau gambar. Saya lebih prefer kasih gambar ya. Soalnya nih anak udah pinter. Dia bakal minta diputerin channel odbod atau upin ipin klo udah liat youtub. Jadi daripada kebablasan, mending pake gambar aja.
Jelaskan sejelas-jelasnya gimana situasi di dalam. Apa yang gak boleh dilakukan (saya skip yang soal bawa makanan hahaha). Apa yang boleh dilakukan. Biar dia aware duluan. Nah ini kesalahan saya. Zafran kalau ngomong masih pake suara standar. Tapi kalau di dalem bioskop kan jadi kenceng hahaha. Trus dibilangin sih sama ayahnya kalau ngomong pelan-pelan soalnya biar gak ganggu. Kan yang nonton banyak. Dan dia manggut-manggut.
  • Cek filmnya
Nah, ini yang gak saya lakuin sebelumnya. Cek filmnya. Biasanya bisa dilihat dari triller atau ulasan tentang film itu. kalau filmnya baru, bisalah kita lihat trillernya. Kalau film lama malah lebih gampang. Fungsinya apa sih?! Biar kita lebih siap kalau mau di tanya-tanya soal ini itu. dan juga lebih siap kalau-kalau memang ada adegan yang tidak pas untuk umurnya. Sekalian cari tahu gimana cara jawab yang bener kalau anak tanya tentang adegan dewasa misalnya. Atau tanya tentang kosakata yang baru baginya.

Wah agak ribet ya bu hehehe. Ya begitulah kalau kita mau yang terbaik buat anak. Ribet di awal, senyum di belakang.
  • Bawa makanan dari luar
Ini sebenarnya ngajarin gak baik sih. Untuk selanjutnya kali ya kita kasih tahu yang baik hihihi. Mas Zafran itu meskipun badanya langsing, tapi kuat ngemilnya. Dan ngemilnya bukan makanan ringan. Makanan berat juga dilahap. Kebetulan doi juga gak gitu suka popcorn. Jadi saya bekalin pizza sama air putih. Mayan hemat sih hihihi. Saya juga termasuk ibu yang agak lebay kalau anak kelaperan. Maunya langsung disuruh makan aja klo anak bilang laper. Takut mati anaknya wkwkwkwkwkwkwkwk. Monmaap yang ini gosah dicontoh ya bu. kondisional aja. Sesuain sama karakter anak.
  • Pake baju tebel
Ini udah dipraktekin sih. Dia pake baju lengen panjang sama celana panjang yang tebel. Tapi masih aja ngeluh dingin. Ini bocah emang agak unik. Gak tahan panas, tapi jangan terlalu dingin. Kan syusyeh…

Nah itu tadi pengalaman pertama anak saya nonton di bioskop. Kalau buibu udah pernah ngajak anaknya nonton di bioskop?! Diskusi di kolom komentar yuk..


You May Also Like

0 comments