Web/Aplikasi Bermanfaat Saat Di Rumah Saja

by - Mei 02, 2020



Selama masa pandemi covid-19, kegiatan paling banyak saya lakukan adalah masak dan ngadep laptop. Update blog atau sekedar baca-baca berita. Sebelumnya, memang cukup susah. Karena suami bekerja. Jadi di rumah cuma ada saya dan anak-anak.

Cukup susah untuk membagi waktu antara anak-anak dan menulis. Karena kalau si anak udah pengen nempel sama ibunya, saya musti mengurungkan niat untuk melakukan hal lain. Fokus sama anak yang lagi aktif-aktifnya.


Nah, saat pandemi gini, suami work from home. Anak-anak bisa main dulu dengan ayahnya. Saya bisa masak atau kembali ke laptop.

Ini ada beberapa aplikasi atau web yang sering saya gunakan dalam rangka di rumah saja. Karena saya lebih banyak menulis di blog, aplikasi atau web yang saya gunakan ya untuk menunjang kegiatan tersebut.

Apa saja?

1. Ipusnas

Ini aplikasi baca buku yang paling gampang. Tinggal download aplikasinya, bisa langsung baca buku gratis. Saat ini saya sedang baca bukunya Desi Anwar berjudul Faces and Places. Saya selalu tertarik pada tulisan tentang bagaimana orang memandang orang lain secara personal.

Apalagi, orang yang sama sekali berbeda dengan latar belakang si penulis. First impression matter barangkali ya. Semoga bisa belajar dari apa yang dituliskan mbak Desi Anwar. Presenter tv favorit sejak kecil.


Belum selesai sih bacanya. Tapi sudah jatuh cinta sejak kalimat pertama. Suka dengan story tellingnya mbak Desi Anwar. Pengalaman emang gak pernah bohong. Salim.

2. Aplikasi untuk monetisasi blog

Cara untuk mendapatkan uang dari blog itu banyak. Salah satunya dengan promosi afiliasi dengan beberapa situs penyedia jasa afiliasi. Seperti vira.id, sosiago, dewaweb, rajabacklink dll. Saya masih dalam tahap mempelajari cara kerja situs-situs ini. Mumpung punya banyak waktu untuk di depan laptop cukup lama.  

Saya sudah join sih dengan sosiago. Tapi belum pernah lolos bidding. Situs-situs yang saya sebutkan di atas fungsinya sama, menjual jasa para blogger kepada pemilik perusahaan yang membutuhkan jasanya. Caranya berbeda-beda. Nanti saya cerita kalau sudah mempelajari semuanya hihihi.

3. Canva
canva
Ini sangat penting untuk mendukung blog saya. Saya selalu pakai ini untuk membuat cover tulisan. Atau infografis sebagai pelengkap artikel. Cara pakainya mudah sekali. Recommended untuk pemula juga. Bisa juga pakai hp. Tapi saya lebih suka pakai laptop karena lebih jelas saja buat bikin ini itu. Kalau pakai hp mata kayak mau copot. Maklum faktor U.

4. Freepik

Penyedia foto dan template gratis. Punya banyak pilihan tema. Bisa pilih orientasi juga. Mau vertical, horizontal, square atau panoramic. Pilihan warna juga ada. People include atau people exclude ada juga. Filter ini sangat membantu untuk mempercepat pencarian sesuai kebutuhan.

freepik
Sebenarnya masih banyak situs penyedia foto atau template gratis lainya seperti pixabay, pexels, flick, unsplash dll. Tinggal pilih sesuai kebutuhan. Tapi, freepik paling mudah dan banyak pilihannya sih menurutku.

5. Web blogger network

Salah satunya Blogger Peremuan Network. Saya juga lagi ikut BPNRamadan 2020. Salah satu event BPN agar para member blogger konsisten untuk menulis di blog setiap hari. Dengan tema yang ditentukan oleh BPN selama bulan ramadhan. Semoga terus semangat ya aku. Hehehe

web blogger perempuan
Ikut dalam komunitas blog itu sangat menguntungkan. Selain memperluas network, kita juga bisa menambah ilmu tentang tulis menulis. Banyak juga ilmu yang dibagikan. Seperti copy writing, monetisasi blog, writerpreuner dll. Bisa diikuti secara online maupun offline.

Saya ikut beberapa komunitas jejaring blogger. Seperti Komunitas Emak Blogger, Bloggercrony, Estrylook Community, Indosesia Sosial Blogger dan 1minggu1cerita.

Buat kamu yang ingin belajar blogging, bisa kepoin akunnya. Selamat belajar. J

Nah, itu tadi web atau alikasi yang sering saya gunakan saat berada di rumah saja. Semoga bermanfaat. Kalau kamu, pakai apa bu? sharing yuk…





You May Also Like

50 comments

  1. Yap beberapa situs web di atas lg sering bgt ku pakai mbak. Apalagi freepik karena lg suka otak atok grafis. Hhh
    Kl aku baca buku di gadegt nggak tahan lama mataku, lebih enjoy baca hard book.. Alasan aja ini sih, hhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. freepik emang top menurutku :-) aku juga gak setahan pas baca hard book sih mbak. tapi menurutku oke sih buat selingan. belum terbiasa mungkin ya.. hehe..

      Hapus
  2. saya juga selama ini banyak pakai canva ka, dan saya tertarik dong dengan point 2 mengenai monetasi blog, nanti sharing ya ka kalau sudah dapat infonya, ditunggu hehehe, auto saya juga nyari-nyari info itu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup emang paling mudah menurutku pakai canva. okay ditunggu tulisan berikutnya ya.. semoga hehehe...

      Hapus
  3. Nice sharing mba. Saya juga baru mempelajari beberapa platform yang bisa menawarkan job bagi para blogger. Namanya masih meraba dan pemula, jadi banyak belajar serta tes pasar dahulu 👍😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul. pengen banget kayaknya nanti bisa nulis judul 'pengalaman pertama tarik saldo dari sosiago' hahaha... amin...

      Hapus
  4. Paling sering pakai canva buat kebutuhan ngeblog dan ipusnas buat baca-baca buku. Anak-anak juga suka baca buku di ipusnas karena banyak buku penulis favorit mereka kayak buku bu Arleen A dan mbak Watiek Ideo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah untuk anak-anak aku belum coba. thanks rekomnya mbak :-)

      Hapus
  5. Info yang menarik sekali, Mba. Sementara ini baru CANVA yg dipakai. IPunas dan freepik kayaknya asyik tuh. Platform yg lain baru tahu dan pengin mencoba juga. Terima kasih nice sharingnya, Mba😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama. nanti cerita pengalamanya ya mbak :-)

      Hapus
  6. Wah saya juga sudah join Sosiago Mbak, tapi masih belum lolos, soalnya da blog masih imut hehe

    Yg penting mengisi waktu luang dg yg bermanfaat apalagi di tengah #dirumah_aja pasti lebih banyak waktu luang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, da masih mini. jadi lolos terus belum nyantol jaringnya hehe... selamat beraktifitas :-)

      Hapus
  7. Aku pengen banget coba vira.id, pengen monetisasi blog, tapi sekarang-sekarang (karena baru setahunan juga), jadinya mau fokus menikmati aktivitas ngeblog aja, menulis buat self healing sama nambah ilmu sambil sesekali ikut lomba blog dan lomba menulis lainnya. Mangats terus ya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups... aku juga baru setahun ini mbak seriusin blog. dulu awal bikin juga isinya curhatan ibu-ibu hehe...

      Hapus
  8. aku juga sering banget pakai Canva. kalau ebook masih pengguna setia Playbook aja. kalau gambar belum pernah coba freepik, seringnya ambil di pexels :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup gampil banget pake canva ya mbak. aku pernah sih nyoba pexel juga tapi udah kadung nyaman sama freepik hahaha..

      Hapus
  9. mempercantik blog itu bisa jadi semangat tersendiri ya mbak unutk lebih produktif menulis. syukur-syukur bisa mengembalikan mood

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak lagi nyoba ngutek template blog juga ini tapi keburu pusing hahaha..

      Hapus
  10. Ipusnas ini berarti ada buku-buku cerita anak juga ya mbaaa. Btw canva juga jadi andalan saya buat ngehias cover art podcast biar lebih cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku belum nyoba. baru download yang faces and places sih. tapi itu kata mbak muyass ada banyak juga buku anak.

      Hapus
  11. Ipusnas, Aku juga pny aplikasinya. Tp jarang dibuka krn satu dan lain hal.
    Canva yg Aku suka tapi Aku enggak terlalu bisa pakainya. Padahal kata org org aplikasi paling gampang.
    Mau kepoin satu minggu satu cerita.. dimana alamatnya Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa klik logo 1minggu1cerita di sidebar komunitas, di samping itu mbak. iya untuk pemula gak bingungin kok toolsnya. simple.

      Hapus
  12. Aku pakai canva dan ipusnas. App wajib punya di handphone. Sosiago sudah daftar juga, tapi ya sama, gak pernah dapat �� kalau ngeblog selalu bermanfaat waktu yang ada ya Mbak. Sibuk upgrade diri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener mbak buat hiburan dan healing juga kok ngutek blog itu. DAku masih mini, jadi belum bisa masuk bid hehehe

      Hapus
  13. Seru banget mbak punya senjata lengkap menghadapi Pandemik dengan di rumah saja. Bete jadi asyik kalau kamu ya bikin ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, ibarat mau perang sudah tinggal nunggu komando ini. sama mood perangnya hehehe..

      Hapus
  14. Nomor 1 dan 2 belum dioptimalkan. Baru punya akunnya aja, sesekali dilihatin ipusnas kalau butuh buku bacaan. Sosiago, vira punya akunnya tapi belum pernah dapat job.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup aku juga belum pernah dapet job. oh iya mungkin bisa coba Hiip mbak. aku udah pernah dapat job dari sini

      Hapus
  15. Sangat bermanfaat buat sy yg msh blogger pemula.
    Yg vira.id itu, saya sampai sekarang masih blm bisa ngebid karena gak ada pilihan blognya.
    Cara biar blog kita cepat di approve gimana, mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak, saya juga lagi nunggu approval dari vira. belum bisa ikut bid karena blog belum muncul. katanya sih 2x24 jam baru bisa. aku juga lagi nunggu ini

      Hapus
  16. Terima kasih atas sharingnya. Sangat bermanfaat Mba. Saya juga sedang ikutan challenge Blogger Perempuan. Semangaaaat juga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat mbak, sempet ngos ngosan. tapi ya mumpung ada waktu dan kesempatan. hajar...!!

      Hapus
  17. Belum nyobain yg nomer satu. Bisa sambil rebahan kalo capek duduk hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes. tapi kadang bisa rebutan sama anak hihihi..

      Hapus
  18. Terima kasih sharingnya Mbak. Info yang sangat bermanfaat buat saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak. trimakasih sudah berkunjung :-)

      Hapus
  19. Seru banget kegiatannya
    Jadi pengen belajar monetisasi blog juga hehe
    Kutunggu artikelnya yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi... masih newbi mbak. lagi ngos-ngosan ngejar BP challenge ini.

      Hapus
  20. Aku juga suka buka berapa website di sini. Apalagi yang no. 5 hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuk semangat... ikut bp challenge jugakah?

      Hapus
  21. nah canva ini hampir saya buka tiap hari mbak. Aplikasi lainnya yg sering sua buka juga kindle, buat baca buku sekalian belajar bahasa Inggris

    BalasHapus
    Balasan
    1. ih keren punya kindle. bisa buka sering2 ya mbak. kalau pake hp nih, kadang rebutan sama anak. jadi musti nunggu anak merem dulu sih hehehe...

      Hapus
  22. Wahh, aku baru tahu nih freepik selain pexels untuk nyomot foto free. Langsung meluncur ahh, lumayan buat tambahan stock di blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes mbak. pilihannya banyak menurutku :-)

      Hapus
  23. wah kebetulan aku belum pernah coba app yg ipusnas ini mba, kayaknya seru nih mba. Btw aku ngos-ngosan nih mengejar ketertinggalan challenge nya BP hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba kuy. aku juga maraton ini buat nyelesain challenge. semangat kita..!! :-)

      Hapus
  24. walaupun di rumah tapi tetep bisa produktif ya. apalagi untuk memperdalam ilmu nge blog...
    sebelum pandemi saya juga sudah pakai beberapa aplikasi tsb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, buat hiburan juga mbak, biar gak gabut dirumah saja :-)

      Hapus
  25. Canva dan Freepik andalankuuuu hahaha. Pernah donlot ipusnas juga tapi aku belum terlalu betah baca buku digital huhu. Pusing. Sepertinya harus beli TAB kali ya wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. pkae kindle aja mbak biar fokes ke baca aja hihihi... lagi nabung nih. kita tos dong pengguna canva and freepik.

      Hapus