pilih dokter gigi sesuai spesialisasi (bag_3_habis)

by - Juni 24, 2019



Sabtu lalu, mas Zafran mulai penanganan terakhir masalah gigi. Yup, klo buibu yang sudah ngikutin crita tentang gigi mas Zafran, ini crita terakhir dari proses penambalan dan pembersihan gigi. tindakan sebelumnya, ada disini.

Selain ditambal, tindakan terakhir ini juga untuk membersihkan karang gigi. Gigi atas ini ada dua lubang. Gak terlalu dalam memang. Tapi perlu ditambal biar gak mengganggu proses makan. Seperti biasa dokter gigi J menyapa ramah kedatangan kami.

Setelah proses tambal selesai. Dokter juga mengecek kondisi tambalan sebelumnya. Saya kira, tambalan sebelumnya rusak. Soalnya kayak ada lubang lagi. tapi ternyata, kata dokter J tidak apa-apa. memang seperti itu bentuk tambalan permanen.

Nah, cerita kali ini bu, saya mau buka rahasia nih, siapa sebenarnya dokter J hehehe… dari kemarin pada penasaran dong ya. Siapa tahu bisa jadi rekomendasi buat buibu kalau mau memeriksakan gigi anaknya.

Dokter J adalah….. (drum roll)

Dokter gigi Jimmy Husdi, Sp.perio. beliau praktek di rumah sakit Mitra Keluarga Waru, Sidoarjo. Jadwal praktek hari Rabu, Sabtu dan Minggu. atau buibu bisa cek langsung di web RS Mitra Keluarga Waru.

Loh kok Sp.perio bu bukan Sp.KGA?! yup, ini yang mau saya jelaskan. Ternyata spesialis dokter gigi ada bermacam-macam. Harusnya, untuk memeriksakan gigi mas Zafran kemarin, saya cari dokter gigi spesialis gigi anak. Tapi, karena kurangnya pengetahuan saya tentang dokter gigi, saya pilih random dokter gigi yang tersedia di RS itu. Cerita tentang pilih memilih dokter gigi ini ada disini.

Jadi, biar buibu gak bingung mau memilih dokter gigi, baik untuk anak maupun penanganan gigi dewasa, sebaiknya, cek dulu spesialis dokter gigi yang tercantum di belakang nama dokter gigi.

“Lah, kan itu singkatan bu, mana kita tahu kepanjanganya?!” begitu kata netizen penasaran hahaha

Ini bu, saya kasih daftar spesialis dokter gigi. Biar buibu sekalian, bisa mendapat dokter gigi yang tepat sesuai keluhan masing-masing.
pict: google
1. Spesialis Bedah Mulut (SpBM)

Keahlian yang dimiliki adalah melakukan tindakan bedah rahang, penanaman implant gigi, operasi gigi bungsu dengan berbagai faktor penyulit, operasi tumor dan keganasan pada kepala, leher dan rongga mulut, tindakan perawatan celah bibi dan langit-langit mulut, bedah koreksi asimetri wajah dan bedah sendi rahang dan sebagainya. Untuk menjadi spesialis dokter gigi ini butuh 10 semester. Ya sapa tahu buibu nanti anaknya mau jadi dokter spesialis bedah mulut. Jadi saya informasikan aja berapa lama belajarnya J

2. Spesialis kedokteran gigi anak (SpKGA)

Naini, seharusnya mas Zafran pake dokter gigi dengan spesialis kedokteran gigi anak. Soalnya spesialis ini menangani seluruh masalah kesehatan gigi anak, mengarahkan pertumbuhan dan masalah perkembangan gigi-gigi mereka, membantu menghindari masalah kesehatan gigi di masa akan datang dengan pendekatan sesuai psikologis anak, sehingga anak tidak aka mengalami trauma untuk pergi ke dokter gigi. Pendidikan gokter gigi spesialis ini bisa ditempuh 5 semester saja. lebih pendek dari dokter spesialis bedah mulut tadi.

Nah, karena sudah nyaman dengan dokter Jimmy kemarin, saya jadi enggan beralih ke dokter gigi lain. Sepertinya, harus mulai dari awal lagi klo pindah dokter. Jadi, saya tetap pakai dokter Jimmy yang baik hati.

3. Spesialis Konservasi Gigi (SpKG)

Jangan sampai ketuker sama SpKGA ya bu, beda A aja bisa beda keahlian. Keahlian yang dimiliki oleh seorang SpKG adalah perawatan dan pencegahan gigi berlubang, penambalan gigi sesuai dengan kasus (pembuatan veneer, mahkota, pasak, onlay, inlay), perawatan gigi berlubang dalam yang sudah mencapau ke ruang syaraf dan pembuluh darah gigi (perawatan saluran akar gigi), dentin hipersensitif, fraktur mahkota gigi, lesi karies radiasi, gigi avulsi, bedah endodontic, pemutih gigi eksterna dan interna dan sebagainya. Sama dengan SpKGA, pendidikan spesialis dokter gigi ini bisa ditempuh selama 5 semester.

4. Spesialis Penyakit Mulut (SpPM)

Ini bukan dokter spesialis khusus buibu julid follower lambe-lambe ya bu wkwkwkwk. Klo itu gak perlu ke dokter gigi, ke psikolog aja kayaknya hihihi.

SpPM ini punya keahlian perawatan kesehatan mulut pada pasien kompromis medik dan diagnosis serta pengelolaan non bedah pada kelainan atau penyakit sistemik di rongga mulut serta perawatan kesehatan gigi dan mulut bagi pasien kompromis medik. Perawatan luka, sariawan yang tak kunjung sembuh, dan tonjolan pada jaringan lunak mulut yang disebabkan berbagai penyakit sistemik.

5. Spesialis Ortodonsia (SpOrt)

Keahlian yang dimiliki spesialis Ortodonsia adalah mendiagnosa kelaimam pertumbuhan dan perkembangan gigi dan wajah (dentofasial). Serta cara penanggulangannya melalui upaya preventif, interseptif dan kuratif baik secara bedah maupun non bedah. Ini berguna untuk mengembalikan fungsi system pengunyahan dan estetika yang optimal.

6. Spesialis Periodonsia (SpPerio)

Ini dia spesialis yang dimiliki dokter gigi Jimmy. Spesialis ini memiliki keahlian perawatan jaringan pengukung gigi seperti perawatan gusi berdarah, gusi meradang, penurunan gusi, gigi-gigi yang goyang, menghilangkan karang gigi, bedah periodontal dan sebagainya.

7. Spesialis Prostodonsia (SpPros)

Dokter denganspesialis ini ahli di bidang pembuatan restorasi gigi asli dan atau penggantian gigi hilang beserta jaringan lunak rongga mulut dan maksilofasial dengan bahan pengganti buatan antara lain pembuatan gigi tiruan cekat dan lepasan, pembuatan veener, perawatan gangguan sendi rahang, pemasangan implant gigi dan sebagainya.

8. Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi (SpRKG)

Keahlian yang dimiliki adalah menganalisa dan menginterpretasikan gambaran radiologi gigi.

Jika buibu bingung dengan istilah medis, sebaiknya tanyakan ke rumah sakit terkait. Tentang keluhan sakit dan rekomendasi dokter spesialis agar proses pengobatan bisa optimal.

Nah, itu tadi buibu, jenis-jenis spesialis dokter gigi yang perlu banget tahu. Jadi, kita gak asal milih. ini berfungsi agar keluhan yang diderita bisa ditangani denganoptimal sesuai keahlian yang dimiliki. kalau buibu giginya punya keluhan apa ni? sharing dong...



sumber:
kompas.com

You May Also Like

4 comments

  1. Wah keren juga tuh ada gelar sport ya mom hehe. Btw ini cucok banget deh infonya. Informatif banget :)

    BalasHapus
  2. Salam kenal Mbak. Kalau saya, waktu pertama periksa gigi ke salah satu RS Gigi di Jogja dan diberikan jadwal praktek dokternya, baru tahu kalau ahli gigi itu banyak sub spesialisasinya. Malah akhirnya saya ditangani ahli gigi anak karena yang lain belum buka, he.

    BalasHapus
  3. salam kenal juga mbak. saya juga baru cek setelah dari dokter gigi. tapi karena udah nyaman sama dokter gigi ini jadi malas pindah hehe... semoga bermanfaat :-)

    BalasHapus