happy pregnancy

by - Juli 25, 2017



Trimester pertama:

Malam takbir membuat idul fitri 1438 H kali ini berbeda. Tuhan memberikan kebahagiaan ganda. pertama, idul fitri adalah moment bahagia karena bisa berkumpul dengan keluarga. Kedua, calon keluarga baru terdeteksi. Alhamdulillah setelah memutuskan melepas KB implant selama kurang lebih 2 bulan, saya positif hamil yang kedua. Menurut bidan, usia kandungan saya masih 5 minggu.

Curiga hamil

Sebelumnya, saya memang sudah feeling bakal hamil. Payudara berasa penuh seperti orang yang mau menyusui. Kepala sering pusing. Dan yang membuat suami heran, saya jadi sering drama kalau lihat anak pertama saya sedang bermain. Semacam, ‘kok anak udah gede ya’, ‘kok sudah pinter ini itu ya’, dan drama-drama lain macam sinetron.
Anak saya juga mengalami perubahan polah. Dia jadi semakin dekat dengan ayahnya. Sehari bisa sampai 3 kali lebih video call sama ayahnya, dengan pertanyaan yang sama “ayah sudah mau pulang?” hahahahaha…. Saat mendengar anak saya main video call begitu, jadi ikutan drama sambil nangis-nangis sendiri.

Kecurigaan saya, tentang kehamilan kedua terjawab setelah suami membelikan test pack. Tepat di malam lebaran. Sebelumnya sebenarnya udah saya minta buat beliin, tapi lupa katanya. Dan begitulah suami menyambutnya dengan syukur. Sembari nanya “mau apa?”, dan lanjut tidur lagi tanpa menunggu jawaban. Begitulah….

Morning sickness

Morning sickness mampir lagi setelah diketahui positif hamil. Padahal sebelumnya juga baik-baik aja. Heran… tapi kali ini lebih ringan dari kehamilan yang pertama. Dulu, saat mencium bau orang masak, langsung muntah. Suami mendekat, muntah. Bau parfum, mabuk lagi. Dan begitu seterusnya sampai kira-kira 2 bulan. Kali ini Alhamdulillah, saya bisa masak, nyium bau suami, nyebokin anak, makan sesukanya meskipun gak berasa apa-apa.

Meskipun mual muntah makin hebat mendekati bulan ketiga, dokter tidak memberikan obat anti mual. Katanya, pokoknya semangat makan apapun yang disuka, es krim, burger, apapun pokok happy. Karena tak suka burger, es krim menjadi makanan pengantar happy, setelah manisan pedas dan empek-empek. dokter juga terus memberikan semangat agar tetap bahagia dan sabar menjalani proses penyesuaian hormon yang sedang berlangsung. “kalau ibuknya teller, perkembangan bayi justru bagus bu” begitu katanya sambil terus senyum. Tanpa Tanya alasan lebih lanjut sayapun mengiyakan sambil bersyukur, karena sempat mengalami flek hebat. Tak lupa, wa suami untuk segera membelikan es krim dengan P.S: yang banyak.

***

Dulu, saat hamil anak pertama, saya masih semangat membaca buku-buku referensi tentang anak. Hamil kali ini, malasnya…. Minta ampun. Cuma browsing-browsing sebentar tentang kehamilan, lalu stalking ig artis. Haish….. mudhorotnya… kegiatan saya. But anyway, saya sempat mengikuti ig salah satu artis beranak satu. Andien Aisyah, anaknya namanya kawa.

Kawa lahir lewat metode water birth. Dalam kesehariannya, Kawa juga terlihat sehat dan aktif. Emang ya bu, rumput tetangga tetaplah lebih hijau. But, apa salahnya kita intipin, kenapa tu rumput bisa hijau gitu. Dalam keseharianannya saat hamil, Andien selalu memperhatikan asupan yang dimakan. But dari seluruh rangkaian proses menjaga jabang bayi, tiap kali ia selalu mengingatkan kepada para ibu atau calon ibu untuk tidak lupa bahagia. Bahagia dengan apa yang sedang dijalani saat ini. Ia pun memang tampak selalu bahagia lewat foto-fotonya di beranda ig. Ya kali… masak pas mual muntah difoto, kan gak da keren-kerennya.

Menginjak usia 5 bulan Kawa juga sudah dilatih makan. Baby led weaning (BLW). Cara ini dipercaya bisa menumbuhkan kepercayaan diri anak dengan memilih makanan mana yang ingin dia makan. Meskipun, tetap saja, metode ini ada pro dan kontranya.

La terus saya mau ikut-ikut begitu?! Lahiran pake water birth, makan makanan sehat, olahraga ringan untuk ibu hamil, atau sederet rutinitas lain untuk menjaga buah hati?!. Mungkin iya. Tapis saya mungkin tidak bahagia dengan itu. hahaha… ngeles… Saya setuju dengan Andien bahwa setiap proses kehamilan harus dilewati dengan bahagia, happy forever n ever. Maka, saya memilih untuk bahagia dengan cara saya sendiri. Banyak makan es krim, sesekali empek-empek (karena yg enak mahal mak),  malas malasan dirumah, sambil cek akun jualan, dan bermain bersama Zafran. Saya percaya, ibu yang bahagia akan melahirkan bayi yang sehat dan bahagia. Begitu bukan?!. Masalah nanti anak pakai BLW, atau MPASI puree dulu, atau apapun, kalau dilakukan dengan bahagia, everything gonna be easy!. Ya kali…. Hehehe…

Jadi inget kungfu panda There is no secret ingredients, it’s just you.


You May Also Like

0 comments