Solitaire.org, Game Lawas yang Bikin Balik ke Masa Lalu, Nagih!

13 komentar

Kapan pertama kali main game? Saya waktu SMA. Permainan menyusun kartu di Personal Computer (PC) Windows 7. Monitor tabung dengan Processor (CPU) segede gaban.

Game menyusun kartu ini bernama Solitaire. Tentu tidak asing buat kalian generasi 90-an. Game ini merupakan program default dari Windows yang bisa dimainkan tanpa akses internet.

Barangkali ini yang bikin Solitaire sangat populer saat itu. Tampilan game yang sederhana dan mudah dimainkan bahkan untuk pemula. Mulai anak-anak sampai dewasa, ketagihan main game ini. 

Permainannya gak ribet, hanya mengurutkan kartu dari AS ke King. Tapi jangan salah, meskipun nampak mudah, game Solitaire sukses mengasah otak dan bikin candu. 

Baca juga: Hoala & Koala Hidupkan Kembali Lagu Anak Indonesia

Saya bahkan sempat curi-curi waktu main game ini saat pelajaran komputer di sekolah. Mungkin rasanya mirip dengan main Mobile Legend anak sekarang ya bun. 

Bedanya, kita harus ngadep layar monitor buat main game ini, alih-alih pakai gadget yang bisa dibawa kemana-mana.

Namun, seiring perubahan zaman, Windows tak lagi menyediakan game kartu Solitaire.

Perkembangan teknologi untuk bermain game pun semakin berkembang. Tak hanya perangkatnya, jenis game juga beragam. Dari tingkat kesulitan rendah hingga advance.

Tapi, kabar baiknya, kaum 90-an tak perlu khawatir kalau ingin bernostalgia main game menyusun kartu legendaris ini. Sekarang, game Solitaire bisa dimainkan dengan cara online tanpa harus mengunduh aplikasi. 

Baca juga: 4 Cara Mengajari Anak Menyela Pembicaraan

Bagaimana caranya?

Solitaire.org

Untuk bermain game Solitaire ini kamu tidak perlu mengunduh aplikasi. Cukup ketik solitaire.org di browser, kamu bisa langsung akses game kartu sesuka hati.

Mudah bukan?! Mirip sekali dengan game lawas yang pernah saya mainkan saat SMA dulu. Bedanya, solitaire.org harus pakai akses internet.

Sebenarnya, ada beberapa pilihan website untuk bermain solitaire. Jika kamu mengetik solitaire di browser, maka akan muncul berbagai macam website penyedia game kartu ini.

Lantas, kenapa memilih Solitaire.org?

Baca Juga: Tips Membagi Waktu Ala Ibu Rumah Tangga

1. Tampilan sederhana

Game ini dibuat dengan tampilan sederhana. Bentuknya sama persis dengan game lawas yang saya mainkan 20 tahun lalu.

Tak banyak tombol menu. Hanya jenis kartu, dan pilihan jenis permainan lainnya.

2. Tidak ada iklan

Berbeda dengan game online yang saat ini banyak dimainkan generasi Z, Solitaire.org ini bebas iklan. Kamu bisa bermain dengan tenang tanpa diganggu iklan pop up yang tiba-tiba muncul di beranda.

Ini juga bisa membantu konsentrasi saat bermain game (perlu banget buat ibu-ibu yang seringkali kegocek iklan diskon)

3. Video tutorial

Buat kamu generasi 90-an, sepertinya mayoritas sudah ibu-ibu atau bapak-bapak, jika ingin memulai bermain game kartu ini lagi tidak perlu khawatir.

Baca Juga: Pengalaman Vaksin Lengkap Sinovac

Ada video tutorial untuk mengingatkan kembali cara bermain Solitaire. Selain bentuk video, solitaire.org juga menyediakan tutorial dalam bentuk tulisan. Kamu bisa membacanya jika mendadak amnesia di pertengahan game (percayalah, ini terjadi pada saya)

4. Gratis

Selain tidak perlu download aplikasi, Solitaire.org juga bisa diakses cuma-cuma alias gratis. Kamu tak perlu membayar untuk upgrade level. Tinggal menang di tingkat yang sedang dimainkan, kamu bisa langsung main ke tahap berikutnya.

Jenis Game di Solitaire.org?

Solitaire.org tidak hanya menyediakan game kartu saja. Tapi ada beberapa game lawas lain. Seperti mahjong, hidden object, Word, logic puzzle, bahkan zuma.

Kamu bisa memilih seri yang lain di tiap menu di atas. Seperti ada 7 jenis game Solitaire yang bisa kamu mainkan. Contohnya, Classic, Klondike, Spider, FreeCell, Pyramid, Tripeaks dan Golf.

Baca juga: Kriuknya Bebek Goreng Haji Slamet Juanda

Saya lebih menyukai jenis Solitaire classic. 

Jenis ini lebih mudah dimainkan. Cukup dengan mengurutkan kartu dari As ke King. 

Tujuan permainan ini adalah menumpuk kartu menjadi urutan. Susunannya didasarkan pada jenis dan pangkat. Misalnya, kartu akan ditumpuk K, Q, J, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, A tanpa campuran.

Terlihat mudah bukan? Tapi cobalah, saya sendiri hanya bisa menang 1 kali permainan dari 10 kali percobaan dengan puluhan tombol undo.

Baca juga: Menyiapkan Dana Pendidikan

Tapi perlu waspada, game ini sungguh candu, saat tak bisa menyelesaikan satu permainan dan dengan terpaksa menekan tombol ‘new’, percayalah, itu akan menjadi tombol kesepuluh yang akan diklik.

Apalagi kalo berhasil menjadi pemenang di permainan Solitaire classic ini, bisa kali seharian gak mikir kerjaan dan cucian menumpuk.

Selain Solitaire classic, saya menyukai beberapa game lawas yang disediakan Solitaire.org. Sila klik namnya untuk mulai bermain.

1. China mahjong

Game ini cukup mudah dimainkan saat gabut. Cuma mencocokkan gambar yang sama. Tapi akan lebih menantang saat gambar yang ditemukan masih terhimpit dengan batu (tile) lain, sehingga butuh trik tersendiri agar mahjong bisa selesai tanpa pencet tombol bantuan.

2. Daily letter logic

Permainan ini mirip Teka-Teki Silang (TTS) yang dulu bisa dinikmati dengan format cetak. Seperti Buku TTS dengan gambar artis di sampulnya, rubrik koran harian, atau di buku LKS waktu saya SD. Jadi, tak terlalu sulit menyelesaikannya.

Baca juga: Review Swiss-Belinn Hotel Malang

Bedanya, Daily Letter Logic ini bukan menjawab pertanyaan, tapi memasangkan kata yang tersedia ke dalam kotak hitam putih. Tak perlu menulis manual. Cukup klik kata yang sesuai, jawaban akan otomatis masuk dalam kotak yang disediakan.

3. Zuma

Pasti sudah sangat familiar dengan game ini. Bahkan meme tentang game legendaris ini seringkali muncul di media sosial. Game ini kerapkali dikaitkan dengan acara mengisi ‘waktu luang’ para pekerja pemerintahan.

Untuk memainkannya cukup mudah. Tinggal mencocokkan bola yang dilempar dari mulut ular atau naga, dengan warna bola yang sedang bergerak mengikuti rel. Semakin tinggi level, bentuk rel akan semakin rumit.

Sayang, tak ada gading yang tak retak. Solitaire.org juga punya kelemahan. Untuk memainkan game yang ada di Solitaire.org, kamu harus punya akses internet yang mumpuni. Jika tidak, kamu harus menunggu beberapa menit agar game terbuka dengan sempurna.

Baca juga: Tips Berkunjung ke Eco Green Park Malang

Selain itu, game ini juga bikin candu. Niatnya sih iseng buat refreshing saat penat bekerja, taunya kebablasan sampai beberapa jam.

So, sepertinya akan lebih baik jika game ini punya pengingat waktu pemakaian. Jadi, para pengguna bisa menggunakan waktu bermain dengan efektif.

Misalnya, akan muncul pop up peringatan untuk istirahat dari bermain game, saat kamu sudah bermain selama 1 jam dan kelipatannya. Ini sangat membantu pengguna game untuk dapat membagi waktunya dengan baik.

Tunggu apa lagi, yuk main! klik tautan di bawah ini

Solitaire.org

Cobain deh, berasa muda lagi. Memori remaja bakal muncul sembari berharap setelah selesai bermain, kamu cuma akan mikirin besok kerja kelompok mau kerumah siapa. 

Selamat mencoba :-)












13 komentar

  1. game yang sederhana tapi cukup membuang kebosanan. Paling seneng kalo mainnya yang kaya kartu remi kak, familiar doank sih ga lebih kadang unggul kadang juga diurutan ujung rangkingnya hehe

    BalasHapus
  2. CPU Segede gaban 🤣 tahu banget game ini cuman aku dari dulu juga jarang sih main ini. Tapi, pada zamannya emang semenyenangkan itu yaa meskipun tampilannya sederhana. Temenku juga suka curi2 waktu main game ini di sekolah dulu hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. temen satunya jaga klo ada guru dateng hhihihi..

      Hapus
  3. Games kesukaan saya dulu pas make CPU hahah, skearang ada onlinenya yah seru nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dimainin dimana aja asal ada akses internetnya ya...

      Hapus
  4. Game kesukaan almarhum apak tapi sering mainin juga jadinya. Dulu masih pkae komputer butut wih sekarang udah bisa online ya ternyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, layar tabung, klo make musti digetok dulu biar loading hehe..

      Hapus
  5. Ya Allah lawas bgt . Jadi inget dikantor awal-awal baheula di komputet cuma ada solitaire buat hiburan, krna akses internet di lock waktu itu haha

    BalasHapus
  6. enak banget ya ada website begini yang menyediakan ragam game yang bisa dipilih sesuai kesukaan.

    BalasHapus
  7. Solitaire tuh game jadul banget ya, saya dulu juga suka mainin di komputer yg masih jadul juga. Sekarang lebih mudah dan banyak pilihannya main solitaire di online.

    BalasHapus
  8. Aku pecinta Zuma kak. Hahaha..gak ngerti main solitaire

    BalasHapus