Cek Tumbuh Kembang Si Kecil dengan Tummypedia

20 komentar

Anak kedua saya, Inara sedang dalam masa pertumbuhan. Usianya kini 3 tahun 2 bulan. Aktifnya bukan main. Lari kesana kemari, bermain sesuka hati.

Perkembangan anak kedua saya ini sebenarnya cukup pesat. Berbeda dengan anak pertama saya, Zafran (7). Inara sudah bisa naik sepeda roda 4 sejak usia belum genap 3 tahun. Padahal, kakaknya dulu baru berani naik sepeda di usia 4 tahun lebih.

Senang sih melihat pertumbuhannya yang baik. Tapi tetap saja, ada kekhawatiran terkait dengan kesehatannya. Apalagi dia punya riwayat kejang demam saat memasuki usia satu tahun. Di rumah, saya sedia obat kejang yang diberikan lewat dubur.


Meski sudah punya persiapan, tapi anak balita masih sangat rentan terkena penyakit. Mulai demam, batuk pilek atau diare. Walaupun saya sudah sedia obat sebagai pertolongan pertama, tapi tetap saja, rasa khawatir masih ada.

Terlebih lagi asupan makanan. Si anak suka pilih-pilih makanan. Seringkali, Inara hanya mau menu yang sama. Telur ceplok sama kecap. Gak mau yang lain. Alhasil, saya sering ngalah daripada gak mau makan sama sekali. 

Tapi, si anak bontot ini selalu punya warning kalau tubuhnya sedang bermasalah. Seperti warna feses yang berubah. Biasanya kalau lagi gak enak badan, pup-nya berwarna hijau daun dengan bau menyengat.

Kadang, dibarengi dengan demam atau anaknya bakalan rewel sepanjang hari tanpa alasan yang jelas. Ini jadi alarm dari tubuh Inara bahwa si bocah sedang gak enak badan.

Kalau sudah begini, saya mesti cari tahu apa yang salah sama makanan atau ada bagian tubuh yang sedang tidak baik baik saja.

Nah, untuk observasi awal saya biasanya menggunakan fitur cek pup atau feses di laman Tummypedia.

Apa itu Tummypedia?

Tummypedia adalah website keluaran bebeclub yang memiliki fitur unik untuk mengecek kesehatan si kecil. Sesuai dengan tagline bebelac, Grow Them Great, fitur ini dibuat untuk membantu ibu agar bisa melakukan diagnosa awal tentang kondisi kesehatan anak sebelum melakuan konsultasi ke dokter.


Fitur yang dimiliki antara lain detektor pup dan cek asupan serat dan nutrisi anak. Cara penggunaannya sangat mudah. Ibu cukup mengisi keterangan sesuai kondisi anak dan bisa langsung mengunduh hasilnya. 

Fitur Detektor Pup Tummypedia dari Bebeclub

Fitur ini sangat membantu ibu untuk mengetahui tanda-tanda awal kesehatan si kecil. Apalagi bagi awam seperti saya. Masih suka bingung membedakan warna pup yang normal dengan pup yang bermasalah.

Caranya, hanya dengan memasukkan nama dan usia anak. Lalu, mengirim gambar pup anak. Jika tidak ada, ibu bisa memilih gambar pup meter yang sudah ada. Pilih bentuk pup dan warna sesuai kondisi real anak. Kemudian centang seberapa sering anak pup tiap minggunya.

Setelah itu, kita bisa lihat langsung hasilnya. Kita juga bisa download hasil pup meter tadi untuk melakukan konsultasi ke dokter jika ditemukan masalah pada kesehatan anak.

Saya juga sudah mencobanya lo. Begini hasilnya.

Fitur detektor Pup Tummypedia

Alhamdulillah pencernaan si kecil baik. Pupnya masih dalam kategori normal. Selain memberikan hasil dari pup detektor tadi, Tummypedia juga memberikan keterangan tambahan yang perlu diwaspadai jika anak memiliki pup yang bermasalah.

“Bila tinja bayi/anak ibu berwarna putih, kuning muda atau pucat, berarti harus waspada kemungkinan sumbatan saluran empedu si kecil. jadi harus segera dikonsultasikan ke dokter spesialis anak”

Fitur Cek Asupan dan Nutrisi Anak

Ini fitur yang paling saya suka. Saya bisa mengetahui apakah makanan yang saya berikan setiap hari sudah sesuai dengan kebutuhan asupan hariannya.

Caranya juga mudah. Kita tinggal memasukkan makanan apa saja yang dikonsumsi dalam satu hari. Mulai sarapan, makan siang, makan malam, camilan dan susu jika ada. 

Setelah itu tinggal melihat hasil nutrisi meter yang akan menampilkan kandungan karbohidrat, protein, lemak total dan kalori yang dikonsumsi dalam satu hari. Apakah sudah mencukupi kebutuhan harian anak atau belum.

Hasil yang saya dapatkan ternyata, Inara masuk kategori kurang serat. Kebutuhan serat harian sebesar 16 gram per hari belum bisa dipenuhi oleh makanan yang saya berikan.


Tapi, ibu tidak perlu khawatir, karena Tummypedia juga memberikan rekomendasi makanan kaya serat yang bisa mencukupi kebutuhan serat harian anak.  Antara lain, es pisang coklat, martabak mi, dan makaroni schotel panggang. 


Eits, jangan hawatir cara bikinnya. Karena disana juga sudah ada tutorial membuat kudapan enak dan bergizi ini. Lengkap kan.

Cara Cek Kesehatan Pencernaan Anak di Tummypedia 

Fitur Detektor Pup
  • Buka https://bebeclub.co.id/tummypedia bisa melalui handphone atau laptop
  • Daftar di website tersebut (gratis) 
  • Log in dengan username atau nomor handphone yang sudah terdaftar
  • Klik cek sekarang di fitur detektor pup
  • Isi sesuai kondisi pup anak
  • Download hasilnya
Fitur Cek Serat dan Nutrisi
  • Buka https://bebeclub.co.id/tummypedia bisa melalui handphone atau laptop
  • Daftar di website tersebut (gratis) 
  • Log in dengan username atau nomor handphone yang sudah terdaftar
  • Klik cek sekarang di fitur cek serat dan nutrisi
  • Isi semua pertanyaan yang diberikan
  • Download hasilnya
Hasil cek kesehatan tadi berisi tentang kondisi pup anak dan hasil nutrisi meter. Jika anak mengalami kekurangan serat, Tummypedia akan langsung memberikan rekomendasi menu kaya serat yang bisa dibuat dirumah.

Kompetisi Tummypedia

Nah, setelah mengetahui kondisi kesehatan pencernaan anak, ada yang lebih seru lagi nih. Ibu bisa ikut kompetisi Tummypedia di Instagram atau facebook bebeclub. Berikut caranya.
  • Upload foto ibu saat menggunakan tummypedia
  • Tulis pengalaman yang ibu rasakan saat menggunakan Tummypedia. Bisa tentang fitur detektor pup atau fitur cek nutrisi serat
  • Mention @bebeclub dan 3 orang teman 
  • Pakai hastag #Tummypedia #growthemgreat
Periode kompetisi ini cuma sampai 30 April lo. Buruan deh bu. Bakal ada 5 pemenang mingguan yang berhak mendapatkan voucher belanja sebesar @100 ribu dari Bebeclub. Serunya lagi, ibu bisa ikut lebih dari satu foto untuk mendapatkan kesempatan menang lebih banyak.

Ini  contoh kompetisi Tummypedia yang saya ikuti. Klik di sini @rizqillahzaen 


Mudah bukan. Yuk ikutan. Mumpung masih ada waktu untuk mencoba fitur dari Tummypedia. Selain informasinya lengkap, bisa dapat hadiah pula. Kamu ada pengalaman seru apa bu di Tummypedia. Sharing di kolom komentar yuk... 




20 komentar

  1. Keren sekali aplikasi TummyPedia dari Bebelac, jadinya para ibu bisa muda mengecek kondisi perkembangan anak dan bisa cek perkembangan pencernaan anak.

    BalasHapus
  2. Aku pernah buka nih websitenya bebclub yang tummypedia ini. Memang sangat bermanfaat untuk memantau kesehatan pencernaan anak. Mengurangi worry pandemi gini ke faskes :')

    BalasHapus
  3. Enak banget sekarang dengan adanya tummypedia bikin emak-emak ga worry lagi

    BalasHapus
  4. Saya juga pakek. Dan memang sangat membantu memantau perkembangan si kecil

    BalasHapus
  5. Emang ya suka panik kalau anak sakit apalagi bagi ibu baru. Aplikasi ini sangat membantu agar ibu lebih mudah mendeteksi kondisi pencernaan anak.

    BalasHapus
  6. Wahh seru banget ya tummypedia ini mba, aku belum ada anak sih tapi ikutan belajar parenting juga buat bekal ini

    BalasHapus
  7. Sekarang mudah ya mom untuk mendeteksi dini kesehatan anak dari aplikasi seperti Tummypedia.

    BalasHapus
  8. Fitur Tummypedia lengkap banget, sekarang bisa deteksi kesehatan pencernaan anak sendiri di rumah

    BalasHapus
  9. Wah asikk yaaa bisa cek di tummypedia. Lucu lagii namanya 😍
    Mau cobain aahh

    BalasHapus
  10. aku pun sukanya mengecek kondisi anak dari pupnya mbak. skrg makin mudah mengecek tumbuh kembang bahkan hanya dalam genggaman ya..

    BalasHapus
  11. Tummypedia nih ngebantu banget buat para orang tua ya, terutama Mommy2 yang suka worry..

    BalasHapus
  12. sula deh ada app yang bisa memudahkan mommy2 gini. Moga makin berkah ya si pembuatnya.

    aku merasakan banget beli buku segambreng buat belajar mile stone dan resep2 mpasi sih.

    kini dengan aplikasi bisa mantau dan dapat solusi pula atas beberapa permasalahan kita.

    sip pokoknya

    BalasHapus
  13. Wow boleh juga ya aplikasi tummypedia bisa cek tumbuh kembang anak. Saya baru tahu dengan info ini. Tkyou mbak, tak cobain kalau dah nikah dan punya anak huhu. Maklum sekarang masih jomblo :D

    BalasHapus
  14. wah Tummypedia bisa saya rekoemndasikan ke saudara yang punya anak kecil niy mba, biar dia bisa cek eksehatan anaknya, sehingga tumbuh kembangnya terkontrol sejak awal

    BalasHapus
  15. wah kalau dah punya anak pasti membantu banget ini ya kak tummypedianya, bisa buat mantau dan record perkembangan si kecil

    BalasHapus
  16. Senang banget sama kehadiran Tummypedia ini. Terutama untuk aplikasi pup detektor-nya yang memudahkan mama muda seperti saya jadi bisa tahu apa yang terjadi di pencernaan si kecil melalui warna dan tekstur pup si kecil.

    BalasHapus
  17. aku udah cobain mba tummypedia ini, waw ada inovasi bagus kek gini mudah2an kita makin aware yah sama kesehatan anak

    BalasHapus