5 Akun Memasak Di Instagram Favorit Saat Puasa

by - Mei 08, 2020



Bulan Ramadan tahun ini rasanya memang berbeda. Semua musti bisa dikerjakan dari rumah. Bekerja dan belajar dari rumah. Maklum, virus covid-19 masih berkeliaran diluar sana.

Iya, masih tentang wabah corona yang hingga saat ini belum ditemukan anti virusnya. Kita musti bersabar menunggu sembari terus menjalankan hidu sehat. Biar virus ataupun penyakit lain gak mampir ke tubuh.

Apalagi puasa gini, daya tahan tubuh butuh terus ditingkatkan. Biar bisa berlebaran meski tanpa mudik ke kampung halaman. Jangan mudik dulu ya. Ikuti anjuran pemerintah agar wabah ini bisa cepat teratasi tanpa menimbulkan banyak korban.

Nah, momen bulan puasa identik dengan menu berbuka. Sebenarnya gak ada yang istimewa sih. Paling juga menunya seperti yang biasa saya masak. Tapi, menu berbuka bersama covid-19 ini berbeda. Ada takjil (makanan untuk berbuka puasa) yang dimasak sendiri.

Kenapa? Karena saya masih was-was untuk beli makanan di luar. Jadi, lebih aman dan tenang, semua bikin sendiri.

So, saya mulai bergerilya mencari akun masak memasak yang praktis dan sehat untuk seluruh keluarga.


ini dia akun masak memasak favorit saya saat bulan Ramadan.

1. Yackikuka

Ini akun Instagram yang baru saja saya ikuti. Bahannya gampil. Bisa didapat di sekitar rumah. masaknya juga simple. Pakai rice cooker pun jadi. Ah, kenapa baru nemu sih akun ini.

Akun Instagram Yackikuka
Menunya beragam, dari makanan berat sampai camilan buat anak-anak. Saya suka cara masaknya yang praktis. Seperti cream sup ala KFC. Cuma berbekal ayam, wortel dan susu, lalu bumbu dasar seperti bawang putih, sudah bisa disantap. Masaknya cukup pakai rice cooker. Mantabs.

2. Xanders Kitchen

Saya sampai beli buku resepnya. Saking banyaknya recook dan review resep olahan cece Jun ini. Dari buku ini pula pertama kali saya belajar masak dengan serius. Saya juga baru tahu kalau komposisi bawang merah selalu lebih banyak dari bawang putih dalam tiap masakan. Setidaknya untuk resep yang ada di buku tersebut.


Setelah mencoba resep-resep yang dulu menurut saya sulit direalisasikan, akhirnya berhasil juga. Saya bisa loh masak ayam ungke, terong balado, asem-asem iga, dan menu berat lainnya. Tentu dengan rasa yang ciamik. Sesuai resep Xanders Kitchen. Yeay!

Buku Xanders Kitchen. Dokpri.
Soalnya, saya biasanya tidak begitu percaya dengan resep yang saya baca. Suka ditambahin atau dikurangin sendiri sesuai feeling. Jadi, sudah bisa ditebak bagaimana rasanya. Nah, setelah beli buku ini, kenapa saya jadi berani buat ngikutin resepnya sama persis seperti tertulis di buku. Dan hasilnya memang top!.

Untuk bahan, memang ci Jun seringkali memakai bumbu yang tidak biasa ada di dapur saya. Seperti kecap asin, minyak wijen, saos tauco. Tapi, masih bisa dibeli kok di minimarket terdekat.

3. Kelinci Tertidur

Akun Instagram Bu Kinci ini sudah lama sebenarnya saya ikuti. Tentang menu sehat. Untuk anak dan orang tua. No penyeda rasa.

Beberaa bulan terakhir mulai menerapkan makanan dengan bahan glutein free. Ini karena anaknya, Nyala, alergi ada glutein. Sama seerti anak saya.

Tai tidak semua resep saya coba. Kebanyakan bahannya memang agak susah dicari. Karena mostly organic. Bumbu bumbunya juga gak biasa. Cuku susah dicari di minimarket dekat rumah. musti beli online.

Seperti gee, garam Himalaya, parsley, pasta glutein free, almond, dan sayuran seperti baby spinach, kol merah, aneka jamur, sayur kale. Di pasar deket rumah gak ada. Biasanya saya pilih menu sehat yang bahannya ada di sekitar rumah saja.

Seperti saat Inara mulai mpasi. Saya bikin sup labu udang. Anak saya suka. Jadi semangat bikin mpasi sehat.

4. Umi Halim

Sebenarnya ragam menu yang dimasak Umi Halim ini kebanyakan sama sih dengan Xanders Kitchen atau Yackikuka. Yang membuatnya berbeda adalah caption lucu yang disisipkan di sela-sela resep masakan. Khas emak-emak.

Seperti contohnya saat bikin menu ayam ungkep untuk stok buka puasa. Air yang dimasukkan ke dalam masakan adalah air cucian blender penghalus bumbu. Ya Allah khas emak-emak banget. Gak mau rugi bandar. 
Instagram Umi_Halim
Sambil baca resep kadang suka senyum-senyum sendiri. Bikin mood masak tambah satu strip hahaha.

Bulan puasa ini, Umi juga berbagi resep olahan ayam untk persiapan buka puasa dan sahur. Porsi besar. Bisa disimpan di kulkas untuk stok. Kalau mau di makan tinggal keluarkan dari freezer lalu hangatkan. Kebetulan anak saya suka menu ayam. Jadi pas buat stok.

Biar gak bolak balik ke dapur. Waktunya bisa dialokasikan untuk kegiatan lain seperti ngeblog atau bikin mainan dari kardus bekas.


5. Eden-table

Saya gak pernah recook sih masakan di akun ini. Soalnya masakan korea. Gak cocok sama lidah. La kenapa di follow?

Saya suka dengan caranya masak. Gak ada backsoud lagu. Suara asli saat masak. ngiris bawang, saat nuangin masakan ke wajan, suara sayuran mendidih. Sensasinya itu beda gitu.

Jadi cuma suka lihat aja. Kayak saya yang lagi masak. hahaha

Itu tadi akun masak memasak favorit saya. kalau kamu, sudah follow yang mana? Sharing yuk..







You May Also Like

2 comments

  1. Wah umi halim juga masuk list saya,

    Kalau saya ada Yendaniels dan Bunda didi, mbak. Masakannya simple tapi lezat.
    Siap cuz ke akun lainnya.

    BalasHapus