5 Ide Kegiatan Saat Berpuasa Di Rumah Saja

by - Mei 09, 2020



Ramadan merupakan bulan yang ditunggu tunggu bagi seluruh umat muslim dunia. Karena pada bulan inilah seluruh rahmat diturunkan tanpa kecuali oleh Tuhan Sang Pencita. Semua umat muslim pun berlomba-lomba melakukan kebaikan. 

Tapi, Ramadan di tengah pandemi covid-19, rasanya memang berbeda. Meskipun, kebiasaan bulan Ramadan tidak bisa hilang begitu saja. Shalat tarawih, tadarus, membuat takjil masih bisa dilakukan. Walaupun hanya di rumah saja.


Iya, meski di rumah saja dan sedang puasa, bukan berarti cuma gegoleran sambil nunggu berbuka. Banyak kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan. Baik sendiri maupun bersama-sama anggota keluarga yang lain.

Apa saja?

1. Hafalan Surat Pendek

Biasanya dilakukan sehabis magrib. Kita sekeluarga ngaji bersama di rumah. Mas Zafran menghafal juz amma. Hafalinnya dari belakang dulu sih. Yang pendek-pendek. Sekarang ini lagi hafalan surat ad dhuha.

Lagi setor hafalan sama ayahnya
Sekalian saya juga hafalan. Biasanya, kalau pas ayahnya gak ada, saya jadi imam. Waktu bacaan surat pendek kliru, mas Zafran bisa membetulkan. Meskipun kadang masih gak konsen sholatnya. Tengok sana tengok sini. Oke mari belajar sama-sama bro.

2. Bikin Takjil

Camilan untuk berbuka ini cuku ribet. Satu keluarga punya selera masing-masing. Si suami suka yang gurih-gurih. Gorengan. Si anak suka yang seger-seger. Saya sih suka semua hahaha..

Saya biasanya beli donat kentang frozen. Kalau mau dimakan tinggal goreng sebentar lalu taburi gula halus. Ayahnya dibikinin martabak goreng. Kulit lumpia diisi telur kocok campur daun bawang. Kasih garam sama merica, sudah jadi.

Biasanya mas Zafran paling suka bantuin potong buah buat es atau sekedar dimakan langsung. Bisa juga bikin jus buah. Sekalian ngabuburit kan ya, bisa bantuin ibuk di dapur.

3. Bikin Mainan Kardus

Siang hari, mas Zafran biasanya punya ide bikpn mainan dari kardus bekas. Bisa bermacam-macam. Ide datang dari youtube yang biasa dilihat. Seperti bikin aneka jenis pesawat, mobil jeep, F1 sampai pesawat jet.

Ragam mainan dari bahan kardus. Dok. pribadi


Kebanyakan saya sih yang bikin. Si masnya bantun potong, mewarna, atau tempel pola yang sudah di potong.

4. Ngeblog

Nah, ini kegiatan selama #dirumahsaja ala saya. Kebetulan juga lagi ikutan blogger perempuan challenge. Menulis selama 30 hari nonstop saat puasa Ramadhan. Alhamdulillah sampai hari ke-15 masih konsisten menulis.

Selain itu juga nyelesaiin tulisan yang belum rampung. Biasanya tulisan di draft di utak atik lagi. Jadi deh tulisan baru. Lumayan kan, bisa update blog tiap hari. Semoga ya J

Sebagai penunjang ngeblog, saya juga sedang belajar menggunakan aplikasi lain. Seperti canva, cara memonetisasi blog, dan mulai join ke website penyedia program afiliasi. Seperti yang terbaru join dengan vira.id. Nanti saya tulis terpisah ya tentang pengalaman ini.

5. Nonton Film

Ini biasanya dilakukan pas malam hari. Anak-anak sudah tidur. Saya dan suami movie marathon. Bener-bener we time yang seru. Meskipun kadang bukan kita yang nonton laptop, tapi laptop yang nontonin kita. Merem pules. Hihi

Sumber: pinterest
Semalam, saya lihat ini. Sea Fever. Ceritanya mirip dengan kejadian hari ini. Tentang virus. Tapi ini tempatnya di laut. Jadi, ada sekelomok orang yang sedang melaut. Masuk wilayah terlarang. Kemudian menemukan kejadian aneh saat kapal mereka tiba-tiba berhenti.

Singkat cerita, ada sekelompok makhluk yang mengerubungi kapal. Kemudian menginveksi hampir seluruh awak kapal. Hanya satu yang bertahan. Bagaimana caranya? Monggo dilihat J


Nah, itu tadi ide kegiatan saat berpuasa di rumah saja. Sabar di rumah dulu ya. Ikhtiar menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga. Semoga pandemic virus covid-19 ini segera usai. Biar tak perlu was-was lagi kalau mau keluar. Biar ide kegiatannya juga ikut nambah.

Ada ide seru lainnya? Sharing yuk…






You May Also Like

0 comments