Makin Kreatif Saat Menghadapi Pandemi

by - April 21, 2020



Virus covid-19 masih berlanjut. Pemerintah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di beberapa daerah. Kebijakan ini dinilai mampu mengurangi penyebaran virus corona.

Dampaknya, sudah terjadi di keluarga saya. Sejak pemerintah mulai menerapkan himbauan social distancing dengan #dirumahsaja, kantor suami mulai menerapkan Work From Home. Sekolah anak juga demikian. Belajar dan bermain di rumah.


Sebagai ibu rumah tangga. Saya sebenarnya sudah terbiasa dengan #dirumahsaja. Meskipun gak 24 jam juga sih diam dirumah. Tapi kali ini memang berbeda. Kebijakan social distancing ini sedikit banyak berengaruh terhada ‘pekerjaan’ saya sebagai ibu rumah tangga.


Kenapa?

Karena suami juga #dirumahsaja. Meskipun sesekali meeting via online dengan teman-teman kantor. Ini berarti, pekerjaan saya di rumah, sedikit banyak berkurang. Anak-anak, bisa lebih dekat dengan ayahnya. Saya, bisa lebih banyak menyalurkan hobi terpendam. Ngoprek kardus bekas.

Kesenangan membuat mainan dari kardus sudah saya lakukan sejak duduk di bangku sekolah dasar. Waktu itu, ada teman sekolah yang punya kotak pensil hits ala 90an. Tahu kan, kotak pensil dengan corak lucu-lucu yang bisa dibuka di kedua sisinya. Penutupnya pakai magnet. Ada tempat rautan, dan beberapa laci sebagai wadah penghapus. Tiap kali di tekan, laci otomatis terbuka sendiri.

Keren banget deh waktu itu. Hayo, siapa yang punya? fix kalian anak juragan tanah hehehe…

Saya pun punya ide untuk membuat kotak pensil dari kardus bekas. Setelah selesai, saya perlihatkan sama almarhum bapak. Eh, bapak bilang

“Apa bedanya kotak pensil yang beli itu sama ini?” (sambil menunjuk kotak pensil kardus yang saya buat)

Tanpa menunggu jawaban, beliau menjawabnya “Kalau yang beli, ditekan, otomatis keluar. Kalau yang ini, ditekan gak balik lagi”. Sayapun sontak tertawa.

Ah, jadi kangen bapak. Al fatikhah….

Nah, kenangan itu yang membuat saya, suka sekali nguprek kardus bekas, atau barang bekas yang ada di rumah.

Sebelum pandemi covid-19 ini muncul, saya sebenarnya juga sudah mulai bebikinan mainan kardus dengan anak pertama saya. Mas Zafran, senang sekali membuat mainan sendiri. Kita berdua bekerja sama. Biasanya, dia yang punya ide mau buat mainan apa. Baru saya eksekusi.


Setelah itu, kita kerjasama untuk proses pembuatanyya. Mulai membuat pola, menggunting, dan mewarnai. Seru sekali.


Sekarang, saya ingin membuat mainan, yang saya juga bisa mainin. Loh heh. Iya. Saya juga ingin bermain. Mumpung, anak kedua, Inara (2) ada yang handle untuk sementara.

Kali ini, mas Zafran tidak banyak ikut campur dalam proses pembuatannya. Sesekali sih dia mencoba merakit pola jadi. Sisanya, saya yang menyelesaikan.

Apa saja yang saya buat selama kurang lebih satu bulan ini?

1. Topi Perang

Sebenarnya, ide pembuatan mainan ini kebanyakan dari mas Zafran. Doi minta apa, baru saya bikin. Kali ini, dia ingin topi perang mirip ksatria Sparta.

Idenya datang dari game baru yang baru dia lihat di youtube. Entah tahu darimana, dia hobi lihat review game dari beberapa youtuber. Salah satunya Crossdiamond. Nah, di salah satu game itu, ada game perang. Tapi agak lucu sih, tentaranya kecil-kecil gitu, pakai topi perang mirip pasukan Sparta.

Begini jadinya
topi perang ksatria Sparta 
2. Pesawat Terbang

Mas Zafran juga sedang gandrung dengan berbagai macam jenis pesawat terbang. Pesawat terbang dari kertas, ia buat hampir satu kardus. Itu hasil dia belajar buat pesawat dari kertas. Bukunya habis dibuat mainan pesawat. Duh mas….

Tapi yasudahlah ya itu juga proses belajar dirumah kok. So, inilah 4 jenis pesawat yang berhasil kita buat

Pesawat Perintis
pesawat perintis dari kardus
Pesawat Herkules C-130

Pesawat ini milik TNI AU yang membawa bantuan peralatan medis dari China untuk Indonesia. Begitu kira-kira J
pesawat hercules dari kardus dan botol bekas
Helicopter

helicopter dari kardus
Pesawat Jet
pesawat jet dari kardus
Kamu mau yang mana?

3. Tank

Selain pesawat, tank menjadi incaran kreatifitas selanjutnya. Dia ingin bisa mengoperasikan tank. Ikut perang di garda depan. Cita-citanya jadi tentara. Hem… oke, baik
Tank dari kardus
4. Jeep

Nah, ini selain mas Zafran suka, saya juga demen hehehe. Ini mobil impian saya. Ya, kalau gak bisa Rubicon, paling gak Wrangler lah ya. Aminin… J Karena belum bisa beli, kita bikin dari kardus dulu ya mas. Willys-jeep. Jeep lawas tahun 1946. Saya dapat dari google.
Jeep dari kardus
5. Bulldozer

Ceritanya, depan perumahan lagi mau dibangun perumahaan baru. Banyak alat berat yang bersliweran. Salah satunya bulldozer ini. mas Zafran kepincut tu, sama bentuk dan kemampuannya mendorong dan meratakan tanah. Plus bunyi mesin yang terdengar gagah. Dug dug dug dug… oke, here we go.
Bulldozer dari kardus
Inara gak dibikinin buk? oh tenang, saya bikin juga.

6. Flip Flap

Inara lagi seneng-senengnya bermain warna. Biasanya, dia main warna pakai alat bekas mainan cat air punya masnya. Nah, saya punya ide dong, buatin inara mainan yang juga ada hubungannya dengan warna. Fungsinya, untuk melatih daya ingat.

Jadi, saya buat dari kardus bekas teko kaca. Lubangi di salah satu sisinya. Sebagai isian, gunting kardus sisa tadi berbentuk bulat. Tusuk berisi dua bulatan. Tempelkan kertas warna di salah satu sisinya. Sisi yang lain, biarkan berupa warna kardus. Jadi deh.
mainan dari kardus, melatih daya ingat
Cara mainnya. Buka salah satu bulatan, cari pasangan warna yang telah dibuka tadi.

Inara sudah bisa bu? belum. Dia Cuma suka bukain bulatan-bulatan itu sambil nyebutin warnanya. Gak papa ya nak, kita belajar sama-sama J

Nah, itu tadi beberapa mainan yang saya buat untuk anak dan saya sendiri. Rasanya puas kalau mainan sudah jadi. Apalagi anak senang dan bangga bisa buat mainan sendiri.

Mas Zafran pun jadi lebih kreatif bermain. Dia buat pasukan khusus siap tempur dengan mainan kardus tadi. Pesawat, tank, mobil jeep. Tank-nya dikasih bendera Indonesia dong.

“Buk, ini cuma punya Indonesia. Bukan Malaysia, Rusia, India, atau Singapura” (doi bilangnya sambil baca peta di dinding kamarnya) hahaha…
video tank dari kardus berbendera Indonesia
Selamat belajar nak..

Semua mainan tadi, bisa buibu buat dirumah bersama buah hati. Tutorialnya banyak bertebaran di youtube. Saya juga mencontoh tutorial dari youtube. Biasanya, saya modifikasi sendiri sesuai bahan yang ada dan kemampuan saya. soalnya banyak yang ribet juga sih bikinnya.

Bahannya, kebanyakan dari kardus bekas. saya beli dari tetangga sebelah yang buka toko kelontong. Ada juga dari botol bekas air mineral. Yang penting, menyesuaikan bahan yang ada di rumah. Biar tetap bisa kreatif #dirumahsaja.

Kalau mau tahu tutorial dari saya yang sederhana, bisa dilihat lengkap di Instagram saya disini. Jangan lupa follow ya J

Yuk bermain dan belajar #dirumahsaja. Buibu ngapain nih dirumah sama buah hati?









note: Semua foto yang ada di tulisan ini adalah milik pribadi

You May Also Like

2 comments

  1. banayk ya bisa kita lakukan di rumah tpi tetap bosan karena gak bisa keluar, jd pinter2 lawan kebosanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak jadi sempet mikir2 hal remeh hehehe..

      Hapus