Langkah Sederhana Bantu Sesama (Pandemi Virus Covid-19)

by - April 23, 2020



Tadi pagi, tv rumah menyala. Biasanya, mas Zafran sudah nonton kartun di tv. Tapi, pagi ini beda. Ada pidato presiden Jokowi di layar kaca. Nimbrunglah saya. Masih tentang pandemi dan langkah-langkah pemerintah untuk menanganinya. Beberapa hal yang saya garis bawahi seperti ini.

Presiden Jokowi mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah memberikan bantuan secara swadaya untuk orang–orang yang terdampak virus covid-19. Presiden juga menghimbau masyarakat untuk terus ikut serta dalam menangani dampak pandemi saat ini. Karena pemerintah, tak akan bisa bekerja sendiri.

Beliau juga menyatakan, bahwa bantuan suka rela masyarakat inilah yang membuat bangsa Indonesia kuat menghadapi krisis dalam bentuk apapun. Gotong royong dan saling membantu menjadi langkah yang harus terus dijaga dalam menghadai situasi saat ini.

Dengan begitu, bapak Jokowi yakin, kita bangsa yang besar ini, mampu melewati krisis ini dengan baik. Dengan dukungan seluruh masyarakat Indonesia.

Yes pak, not all heroes wear capes

Kita pun bisa memberikan bantuan. Sesuai dengan kemampuan masing-masing. Bukan hanya secara materi, bantuan moril pun bisa menjadi cahaya bagi yang membutuhkan.   

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk membantu sesama saat kondisi pandemi seperti saat ini?

1. Bagikan informasi yang valid

Di era media sosial saat ini, membantu sesama bisa menjadi hal yang susah susah gampang. Selain akses informasi yang masing timpang di beberaa daerah, pembuat berita bohong, juga tumbuh subur. Entah apa tujuannya. Saya masih gak habis pikir.

Oke, barangkali mereka tidak tahu jika yang disebarkan adalah berita tidak benar. Nah, ini yang menjadi tugas kita, untuk saling mengingatkan dalam kebaikan.


Whatsapp blash yang beredar di grup-grup keluarga, membuat nyali ciut, panik, parno, bisa diredam dengan berita-berita yang menggembirakan. Pasien sembuh, para penyintas corona yang bisa bangkit lagi, dan hal-hal positif lainnya. 

Bukan untuk menggampangkan. Tapi agar masyarakat yang punya akses informasi terbatas, bisa memanfaat keterbatasan itu secara maksimal. Dengan mengkonsumsi berita-berita bermanfaat dan valid.

Mengedukasi masyarakat juga menjadi bagian dari tanggungjawab bersama. Keluarga, tetangga, kerabat dekat, bisa menjadi langkah awal untuk di edukasi. Dengan memberikan informasi yang benar dari sumber yang terpercaya.  

Hindari membagikan berita-berita yang belum jelas asal usulnya, apalagi pakai sumber #darigrupsebelah. Saring, sebelum sharing.


2. Beli secukupnya

Jangan melakukan panic buying. Barangkali, kulkas kita bisa penuh dengan berbagai ide food preparation. Tapi, orang lain diluar sana, masih ada yang bingung besok bisa makan atau tidak.


Belilah secukupnya, jangan membuang makanan. Olah makanan yang ada di kulkas, sampai benar-benar habis dan harus membeli kembali. Belajar mengolah makanan sisa juga bisa loh. Don’t be greedy. Langkah ini bisa membantu orang lain untuk tetap memenuhi kebutuhan hidup mereka.

3. Membuat donasi

Awali dengan memberikan donasi kepada orang terdekat terlebih dahulu. Tetangga, kerabat dekat atau sanak saudara. Kenapa? Karena kita lebih tahu apa yang mereka butuhkan saat ini.

Pernah dengar kan berita tentang pengembalian bantuan sembako di Kelapa Gading Jakarta? Warga mengembalikan bantuan dari pemerintah DKI. Karena dinilai, masih ada yang lebih membutuhkan bantuan tersebut. Sungguh mulia hati mereka ini.

Jika ingin melakukan donasi via online, pastikan lembaga yang membuat punya kredibilitas. Saat pandemi seperti sekarang ini, banyak sekali penggalangan dana yang dihimpun oleh masyarakat. Cek dulu sebelum berdonasi. Supaya, apa yang kita berikan bisa tepat sasaran, dan tidak disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

4. Jaga kesehatan

Percayalah, menjaga kesehatan sendiri di situasi pandemi seperti ini sungguh sangat membantu. Karena dengan menjaga diri sendiri, artinya juga menjaga kesehatan banyak orang.

Caranya, bisa dengan olahraga, makan makanan bergizi, istirahat cukup, jangan lupa bahagia. Mumpung masih WFH, manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Bisa dengan menjalani hobi yang tertunda, tapi tetap di rumah saja.


Jika memang terpaksa keluar, pakai masker, tetap jaga jarak, dan jangan lupa cuci tangan.

Nah, itu tadi hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk membantu sesama saat menghadapi pandemi covid-19. Kita semua, bisa membantu, sama seperti, kita semua bisa terinveksi virus ini. Langkah kecil ini semoga bisa membantu orang-orang di sekitar kita.

Kita semua berharap, virus covid-19 segera bertemu ‘jodoh’ anti virusnya. Lalu, kita bisa beraktivitas di luar tanpa was-was. Memulai kehiduan normal, dengan kebiasaan baru. Yang lebih baik tentunya.

Ada yang kurang? sharing yuk…






You May Also Like

2 comments