3 Camilan Praktis Dari Kulit Lumpia Untuk Berbuka

by - Mei 10, 2020



Berbuka puasa tak lengkap kalau gak ada menu takjil. Camilan pembuka sebelum menu berat. Bahasa kerennya appetizer. Hidangan pembuka yang disajikan dalam porsi kecil. Itu kalau di hotel bintang 5.

Kalau di keluarga saya, menu appetizer musti mengandung beberapa kaidah percamilan. Seperti mudah pembuatannya, murah bahannya, dan cepat bikinnya. Bisa dimakan seluruh keluarga.


Apa itu? apalagi kalau bukan jenis gorengan. Hihihi.

Kudapan berminyak ini seringkali menjadi kambing hitam naiknya kadar kolesterol dalam darah. Tapi, siapa sih yang gak tergoda dengan kriuknya pinggiran kulit lumpia dipadu dengan gurihnya bumbu telur bercampur daun bawang yang segar? Atau krenyesnya kulit lumpia dengan isian pisang karamel di dalamnnya?


Yup kali ini saya akan membuat camilan berbahan dasar kulit lumpia. Selain murah dan mudah didapatkan, kulit lumpia juga cukup gampang diolah dengan berbagai resep sekaligus. Jadi, satu ‘biang’ ini bisa jadi aneka camilan penggugah selera.

Ah… ini dia, camilan praktis saat berbuka berbahan dasar kulit lumpia.

1. Martabak Telor Mini

➦Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
  1. Kulit lumpia
  2. Telur
  3. Daun bawang
  4. Merica
  5. Garam

➦Bahan pelengkap: Saos sambal

➦Cara memasak:
  • Kocok telur. Campur dengan irisan daun bawang. Tambahkan garam dan merica.
  • Siapkan kulit lumpia. Isi dengan campuran di atas. Lipat tiap sudutnya ke tengah. Tekan sedikit agar kulit lumpia tidak terbuka saat digoreng.
  • Siapkan minyak panas. Goreng martabak sampai kuning kecoklatan.
  • Sajikan hangat dengan saos sambal atau cabe rawit.

2. Banrol Karamel

Masih menggunakan kulit lumpia. Kali ini citarasa manis.

Banana Roll Karamel. Dokpri

➦Bahan:
  1. Kulit lumpia
  2. pisang kapok (biasa digunakan untuk pisang goreng)
  3. gula putih
  4. minyak untuk menggoreng

➦Cara memasak:
  • Kupas pisang, potong kecil memanjang. Biasanya satu pisang ukuran sedang saya bagi menjadi 4 bagian.
  • Siapkan kulit lumpia. Taruh potongan pisang di ujung pinggir kulit lumpia. Taburi gula.
  • Gulung pisang hingga ke ujung satunya.
  • Siapkan minyak panas. Goreng dengan api kecil sampai kecoklatan.

Sebagai tambahan, bisa ditaburi keju atau topping lain sesuai selera. Ini kebetulan pas gak ada keju, jadi banrol caramel gini aja. Rasanya krenyes manis gurih. Perpaduan antara garingnya kulit lumpia dan manisnya gula yang meleleh di dalamnya. Mantab!

Banroll sebelum digoreng

Camilan ini juga bisa disimpan dalam kulkas untuk dinikmati hari berikutnya. Sebelum digoreng, simpan banrol dalam wadah tertutup. Lapisi dengan plastik untuk menyusun banrol agar mudah dipisahkan saat mau digoreng. Simpan di freezer. Tak perlu menunggu meleleh jika ingin di goreng. Dari freezer bisa langsung sreng!

3. Kripik Kulit Lumpia

Dua anak saya, suka sekali dengan keripik. Segala jenis keripik dan kerupuk pasti dilahap habis. Nah, keripik berbahan kulit lumpia enak juga lo. Gini cara buatnya.

➦Bahan:
  1. Kulit lumpia
  2. Garam 

➦Cara Memasak: 
  • Siapkan kulit lumpia, potong menjadi bagian-bagian kecil sesuai selera.
  • Goreng seperti menggoreng kerupuk pada umumnya. Gunakan api kecil, karena kulit lumpia mudah gosong. Sering bolak-balik juga. Tiriskan memakai tisu sebagai alasnya.
  • Setelah dingin, taburi garam atau penyeda rasa. Anak-anak sudah suka pakai bumbu garam saja. Jadi gak perlu yang bumbu-bumbu aneka rasa.

Krenyes gurihnya gak cukup setoples.

Nah. Itu tadi olahan kulit lumpia yang mudah, murah dan praktis untuk seluruh anggota keluarga. satu bahan, bisa buat aneka ragam camilan.

Bikin camilan sendiri di tengah pandemi covid-19 gini bikin tenang ya bu. Soalnya, selain bahannya murah dan mudah didapat, kebersihannya juga terjamin. Kan kita yang bikin sendiri. Jadi gak perlu was-was kalau mau merasakan kriuknya pinggiran martabak telur atau manisnya banrol.


Kalau kamu? kulit lumpia dibikin apa bu? sharing yuk…







You May Also Like

6 comments

  1. Saya pernah bikin martabak tahu, mirip dengan martabak telur itu tapi adonannya dicampur tahu yang dihancurkan. Temen kemarin komen di blog, isiannya indomie goreng, wkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya isiannya suka-suka sesuai mood dan isi kulkas ya bun hihihi...

      Hapus
  2. Informasi yang bermanaat ini. Bisa aku kasih tau ke ibuku dong hehehe..

    BalasHapus
  3. wah, iya juga yaaa.. baru kefikiran bnyk kreasi yg bisa dibikin dari kulit lumpia. saya kalo beli kulit lumpia yg keinget cuma martabak telor doank, haha

    BalasHapus