10 Akun Media Sosial Favorit Saat Di Rumah Saja

by - Mei 06, 2020



Akses internet sepertinya akan menjadi kebutuhan ‘pokok’ baru. Apalagi di tengah pandemi virus covid-19 seperti saat ini. Kebijakan physical distancing, PSBB, membuat banyak orang harus beraktifitas dan bekerja di rumah saja.

Di jaman serba digital saat ini, berada di rumah saja tidak berarti tak melakukan apa-apa. kita bisa banyak belajar tanpa bertatap muka. Langsung dari ahlinya. Begitulah kemudahan yang dihadirkan di jaman serba digital ini.

Banyak sekali koten-konten bermanfaat bertebaran di media sosial. Mulai Instagram, youtube, twitter, interest, last but not least, facebook.

Belajar di rumah saja juga ada tantangannya. Sering terditraksi dengan hal-hal kecil seperti anak menangis, tukang sayur lewat, marketer first media nawarin jasa, sampai petugas sedot wc yang hamir tiap minggu kasih selebaran. Ya mau gimana lagi, memang lingkungan rumah seperti ini.

Tapi, belajar daring begini juga banyak jebakan batmannya. Kalau tak pintar-pintar memilih sumber yang kredibel, kita bakal mengkonsumsi berita bohong. Kabar yang ditulis orang tidak bertanggungjawab, mengatasnamakan ahli atau berita online yang berasal dari sumber ngawur asal comot.

Nah, selain saya, suami dan anak juga menggunakan waktu luangnya untuk belajar secara online. Dengan cara masing-masing. Selain untuk hiburan, banyak juga untuk bahan pembelajaran.

Baca juga: Web Atau Aplikasi Bermanfaat Saat Di Rumah Saja

So, here we go, akun media sosial yang baru saya ikuti saat pandemi covid-19 mulai merebak.

Twitter

1. dr Dirga Sakti Rambe

Saat kondisi pandemi covid-19 mulai merebak, saya mulai gerilya mencari akun yang qualified untuk ngomong tentang kesehatan. Update berita tentang virus corona. Yakan, saya gak mau termakan akun-akun yang mengatasnamakan ahli di bidang kesehatan, tapi ngomongnya seringkali ngalor ngidul. Campur politik, ekonomi, jadi gak fokus sama keahlian.

Ya gak apa-apa sih, itu hak mereka. Tapi saya punya banyak pilihan untuk mengikuti akun mana yang credible tentang kesehatan.

Ini salah satunya. dr Dirga Sakti Rambe. dr Dirga adalah seorang dokter penyakit dalam di rumah sakit Omni Hospital Pulomas. Beliau juga seorang vaccine advocate. Lulusan Vaccinology, Faculty of medicine University of Siena, Italy, 2012.

Twitter dr. Dirga Sakti Rambe
Dokter Dirga ini membagikan informasi terkait virus corona dengan lengkap. Akhir-akhir ini , beliau update tentang kesamaan jenis virus corona di Indonesia dengan negara terdampak lainnya. Hal ini penting untuk membuat vaksin sesuai jenis virus di tiap negara. Ternyata memang berbeda.


Selain itu juga dijelaskan, bagian tubuh yang dapat diserang oleh virus corona. Berapa lama bertahan di tubuh, serta perkembangan pembuatan vaksin virus covid-19.

dr Dirga juga membuka pertanyaan via twitter. Ini saya paling suka. Pertanyaan ini sangat membantu untuk mengkonfirmasi berita-berita tentang virus corona yang beredar di luar sana. Biar tidak termakan berita hoax.

Agak ngeri memang membaca data yang di update dokter Dirga. Tapi mau bagaimana lagi, itu memang hasil penelitian yang dilakukan oleh sejumlah ahli. Saya hanya bisa ikhtiar sesuai kemamuan. Menjaga kebersihan, dan kesehatan seluruh keluarga.

Instagram

2. Ndoro Kakung

Sebenarnya saya sudah lama mengikuti akun ini. Tapi belakangan, Pak Wicaksono ini punya konten baru di laman instagramnya. Yaitu #ndoroisme. Ngeblog di Instagram.

Isinya beragam tips dunia penulisan. Mulai menjadi content creator, membuat judul yang menarik, bikin powerfull lead dll.
Akun instagram Ndoro Kakung
Beliau adalah seorang social media advicer, digital curator dan mbahnya blogger. Blognya yang berisi review produk saya baca sampai habis dong. Saking enaknya dibaca.

3. Ernest Prakarsa

Selama stay at home, keluarga ngenest ini bikin film pendek tentang keluarganya. Ceritanya receh. Tapi relate banget dengan kondisi real rumah tangga sehari-hari.

Anaknya Snow yang menggemaskan, ditambah mbak Meira yang tampil apa adanya. Donat kegedean, pusingnya menghafal nama robot kesukaan anak, sampai drama makan krupuk. Love this family.

4. Nash daily

Ini sudah lama sih saya ikutin. Mengangkat isu-isu menarik yang dari berbagai belahan dunia. Sampah, energi terbarukan, negara dengan stereotype buruk, dan hal menarik lainnya. Lebih pada sisi lain yang belum terjamah oleh kacamata media mainstream.

Tapi setelah pandemi ini, konten Nash juga tentang corona. Dari berbagai negara yang terdampak. Dikemas menarik hanya dalam 3 menit. Waktu yang ideal untuk melihat berita lengkap dengan kemasan ala youtuber. Padat dan informatif. Didukung denga visual yang kece. Komplit.

Youtube

5. Shihab and Shihab

Chanel youtube saat puasa gini ada banyak yang saya suka. Salah satunya Shihab and Shihab. Chanel youtube milik narasi tv ini mengusung dialog dengan pak Quraish Shihab. Dipandu anaknya, Najwa Shihab. Mbak Nana ini selalu bikin kesengsem kalau lagi nanya.

Hal-hal remeh sampai yang berat-berat dijawab oleh abi dengan sangat gamblang. Tidak berbelit-belit. Dan yang penting, menentramkan. Seperti hukum berjilbab, ta’aruf, move on dari putus cinta, sampai amalan-amalan di bulan Ramadan.

Penulis buku fenomenal, Tafsir Al Misbah, ini juga seringkali membawa pesan-pesan perdamaian. Bahwa sejatinya Islam, adalah rahmatan lilalamin. Rahmat bagi sekalian alam. Maka, sebagai muslim, sudah sepatutnya menjadi bagian dari syiar islam yang menentramkan dan mendamaikan. Bukan sebaliknya.

Isu-isu terkini seperti LGBT, intoleransi umat beragama juga dibahas dengan tutur lembut tanpa menghakimi. Semoga sehat selalu abi. Terus memberikan ilmu yang bermanfaat untuk kita semua amin…

6. Dave Ramsey

Akun youtube tentang pengaturan keuangan. Berbahasa inggris. Tapi cukup mudah dipahami oleh saya dengan kemampuan bahasa inggris pas pasan. Menurutku sih ini akun finansial planner yang mudah untuk diaplikasikan dalam kehiduan sehari-hari.

Seperti teori 7 baby step. Lengkapnya seperti infografis di bawah ini.

Sumber: Alliance Financial and Income Tax
Oiya, jika memang kesulitan untuk menerjemahkan maksud Dave Ramsey, kamu bisa lihat akun Instagram atau blog mbak @rinda_sukma. Dia mempraktekkan apa yang disampaikan Dave, sesuai kondisinya saat ini.


Mbak Rinda ini juga punya tips seputar ibu rumah tangga sarjana. Ada juga pengelolaan keuangan keluarga dengan income kurang dari 10 juta. Bagaimana kita tidak merasa bermental miskin, dan bagaimana pula seorang ibu rumah tangga, bisa sangat membantu ketahanan hidup di masa pandemi.


Tips-tipsnya relate banget dengan saya. Bisa dibilang kelas menengah yang sedang kejepit. Dibilang tak mampu tapi masih bisa memnuhi kebutuhan. Dibilang mampu juga, lagi dalam kondisi serba sulit begini, ada income yang hilang. Cuzz, ke ig atau blognya mbak Rinda.

7. Miawaug

Chanel youtube kesukaan anak saya. Miawaug. Ini youtube tentang review game. Saya sudah lihat sih secara menyeluruh. Tidak ada kata-kata kasar saat bermain game. Ada sih game tentang perang, tapi tetap di sampaikan dengap lucu dan menghibur.


8. Tonigh Show

Youtube official net tv ini sangat menghibur. Saya bisa nonton berkali-kali sambil tetap tertawa pada lawakan yang sama. Chemistry mereka berempat tu ciamik banget. Kalah lah Sule Andre klo soal gini.

Apalagi Vincent yang memesona. Duh, seperti Ariel Noah versi lawak hihihi..

9. Dedy Corbuzier

Saya suka pas episode Bintang Emon. Ya mas Bintang ini sedang viral. Sejak videonya bertajuk corona yang dikemas sederhana, sukses merebut hati pemirsa. Kelakarnya alami, gak dibuat-buat. Khas anak muda yang tengah dirundung ‘problematika’ generasi tua. Halah!

Tapi over all, om dedy ini memang keren kalau jadi pembawa acara. He is a star, siapapun bintang tamunya. Menjadi bintang di semua sesi wawancara itu gak mudah lo.

Maksudnya gini. Siapapun yang beliau wawancara, akan jadi ‘something’ gitu. Menurutku sih gitu. Jadi fokusnya kadang bukan siapa yang di wawancara untuk menaikkan engagement. Tapi bagaiman si om botak ini men-deliver wawancaranya dengan pertanyaan-pertanyaan kerad.

Terlepas dari segala kontroversi yang dia bikin sih.

10. DIY

Akun youtube tentang DIY ini saya pilih random. Gak ngikuti satu akun sih. Cari sesuai kebutuhan saja. Seperti tutorial membuat mobil dari kardus, membuat mainan kreatif dari kardus. Saya memang suka membuat mainan dari kardus atau barang bekas lainnya. Bikinnya bareng anak-anak.

pesawat Hercules dari kardus dan botol bekas

Sudah lama sih bikinnya. Tapi saat di rumah saja gini, jadi tambah sering bebikinan sama anak. Koleksi lainnya ada di Instagram saya @rizqillahzaen.


Itu tadi beberapa akun media sosial random yang mulai saya ikuti saat pandemi covid-19 ini merebak di Indonesia. Semuanya bermanfaat dengan cara masing-masing. Pengetahuan tentang agama bertambah, sense of humor juga tetap oke.

Ya kan kita musti punya selera hunmor untuk sekedar menertawakan diri sendiri. Biar gak spaneng menghadapi kondisi serba tak pasti.

Kalau kamu ngikutin akun siapa? Sharing yuk..









You May Also Like

8 comments

  1. Anak saya juga suka Miawaug. Tapi untuk nonton channel youtube, saya batasi karena selama di rumah saja, budget internet meningkat pesat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak kebetulan pakai wifi. jadi lumayan membantu. soalnya suami juga wfh n saya punya olshop. win-win lah selama ini hehe..

      Hapus
  2. wah banyak juga ya, banyak manfaat

    BalasHapus
  3. Kalo alun Twitter saya jarang ikutin..tapi karena buka YouTube..kadang suka liat Desy Corbuzier.. seru aja bahasannha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, out of the box ya mbak seringnya hehe...

      Hapus
  4. Samaaa, saya juga mengikuti Shihab Shihab sejak Covid 19

    BalasHapus
    Balasan
    1. menentramkan ya mbak. semoga abi sehat selalu biar bisa terus berbagi amin... :-)

      Hapus