Eksotika Pantai Karanggongso

by - Juli 10, 2019




Bau amis menyeruak seketika setelah melewati gebang masuk. Ikan-ikan tertata rapi di atas anyaman bambu berbentuk segi panjang. Dijemur langsung di bawah matahari. Tak jauh dari situ, sebelah kiri jalan, kepulan asap keluar dari balik warung-warung kecil berderet di pinggir jalan menuju pantai. Berbagai jenis ikan asap berjajar rapi di depan lapak-lapak penjual. Sementara di kanan jalan, deretan kapal nelayan berdesakan di bibir pantai.

Inilah pemandangan yang bakal ditemui. Kira-kira 1 km setelah gerbang masuk menuju pantai Karanggongso. Jangan tanya bagaimana baunya. Amis. Maklum, kami naik sepeda motor menuju lokasi. Tapi, setelah memasuki kawasan pantai, entah kenapa bau amis itu hilang, berganti segarnya tiupan angin pantai.

Untuk menuju ke lokasi, kira-kira butuh waktu satu jam dari rumah. Rumah saya ada di desa Kedungsoko, Kota Tulungagung. Sedangkan Pantai Karanggongso terletak di Desa Tasik Madu, kecamatan Watulimo, kabupaten Trenggalek. jalan menuju lokasi sudah beraspal mulus. Tapi tetap harus waspada, karena banyak kelokan tajam dan menukik. Buat buibu yang ingin berlibur ke pantai, bisa berkunjung disini. Sangat recommended untuk menghabiskan masa liburan.

Setelah satu jam perjalanan, pasir putih bersih menyambut kedatangan kami. Ombaknya cukup besar. Air sedang pasang. Tapi, tak menyurutkan kegembiraan dua bocah yang kadung kesengsem sama pantai. Mereka segera berlarian ke pantai. Keindahan lain tampak di seberang laut. Ada gunung-gunung kecil di bagian barat dan timur. Saat sampai, kabut tebal menyelimuti gunung-gunung kecil itu. Pemandangan yang luar biasa indahnya.


Nah, biar bisa menikmati pemandangan yang ciamik ini, kami menggelar tikar yang dibawa dari rumah. Pas di bawah pohon besar. Jadi gak panas. Sambil menikmati semilir angin pantai sepoi-sepoi. Disana juga ada sewa tikar jika tak mau ribet membawa banyak printilan piknik.

Untuk makan, lebih baik bekal dari rumah. Selain lebih hemat, rasa makanan bisa disesuaikan dengan lidah masing-masing. Karena kebanyakan warung disana menjual olahan ikan asap. Jika tak mau beresiko dengan rasa, bisa beli mi instan cup yang banyak dijual. Tinggal tambahkan air panas. Siap santap. Kebetulan, kami sekeluarga tidak begitu suka dengan olahan ikan asap, jadi sudah siap-siap bekal dari rumah.

Tapi, jika ingin merasakan sensasi ikan asap dengan berbagai bumbu, warung-warung pinggir pantai ini juga menyediakan. Kalau mau dijadikan oleh-oleh liburan juga oke. Karena ikan sudah diasap, bisa tahan seharian di perjalanan.

Nah, sebagai referensi, saya infokan juga harga, wahana, fasilitas serta waktu yang pas untuk berkunjung di pantai Karanggongso. Biar bisa prepare dengan baik kalau mau kesana.

Harga

Loket masuk pantai pasir putih ini cukup terjangkau. Untuk dewasa kena tarif 15 ribu per orang. Sedangkan motor, dikenai 2 ribu untuk biaya parkir.

Untuk bilas ke kamar mandi setelah puas main air, bayar 3 ribu. Kalau buang air kecil, 2 ribu saja. Jangan kawatir, kamar mandinya bersih kok. Deretan kamar mandi ini tempatnya ada di bagian dalam kios. Pas masuk kawasan pantai, di kanan jalan, kios-kios berjajar rapi. Selain kamar mandi, kios-kios ini juga menjual berbagai macam barang. Mulai makanan, baju, aneka ikan asap, dan camilan.

Fasilitas

Lahan parkir cukup luas. Mobil dan kendaraan besar lain seperti bus, parkir di depan kios atau pinggir jalan. Sedangkan motor, bisa parkir di bibir pantai.
Tempat sampah juga tersedia di sepanjang pantai dan depan kios. Jangan lupa, buang sampah pada tempatnya ya.

Wahana

Di pantai ini kita bisa menyewa perahu untuk berkeliling di sekitaran pantai. Harganya 20 ribu per orang. Ingat, biasakan nawar sebelum naik hehe. Karena biasanya, pemilik perahu mematok harga sewa per perahu. Penawaran awal kisaran 200 ribu per perahu. Nanti setelah tawar menawar, akan mentok di harga 20 ribu per orang. Yakan lebih murah, tak perlu menunggu kapal penuh. Biasanya 5 orang sudah bisa berangkat. Tenang, untuk masalah savety, sudah disediakan rompi pelampung untuk tiap penumpang. Biasanya 1 perahu cukup untuk 10 orang.


Ada juga banana boat. Per orang kena biaya 10 ribu. Biasanya harga akan berubah saat pengunjung membludak. Ya, paling tidak kita tahu range harga pasaran. Naik dikit masih bisa ditoleransi. Hahaha… dasar emak-emak.

Selain itu, ada juga jasa persewaan pelampung dari ban karet. Biasanya sih untuk berenang di sekitaran pantai. Tapi, karena kemarin pas datang, laut sedang pasang, jadi jarang yang menyewa pelampung ini.

Biar bisa leyeh-leyeh duduk di pingir pantai, ada juga persewaan tikar. Untuk harga tikar, sebaiknya tanya langsung pada orang yang sudah sewa, biar tahu harga pasnya. Kebetulan saya bawa tikar sendiri dari rumah, jadi, gak usah sewa hihihi.

Waktu

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke pantai Karanggongso adalah sekitar pukul 13.00-19.00. di waktu ini air laut sedang surut. Karang-karang yang ada di pantai, mulai bermunculan. Air lautnya jernih. Jadi bisa lihat pemandangan bawah laut meskipun cuma di pantai.

Apalagi kalau bawa anak-anak. Ini waktu yang paling cocok. Selain tak ada ombak besar, anak-anak bisa aman bermain air. Kita bahkan bisa sampai 500 meter dari bibir pantai untuk melihat karang dan biota laut. Tapi ingat, tetap waspada.

Banyak spot-spot instagramable yang bisa di-exsplore di pantai ini. Sangat recomended buat kamu yang berkunjung ke Trenggalek atau Tulungagung. Pantai bersih, fasilitas oke, jalan menuju lokasi juga mulus. The perfect vitamin sea.

Sudah pernah kesana? Atau mau Tanya-tanya seputar lokasi wisata? Cuzz di kolom komentar. Feel free to share.
***

foto hasil jeretan saya







You May Also Like

6 comments

  1. Saya sudah lama gak mantai, liat artikel ini bikin pengen mantai :)

    BalasHapus
  2. Kalau sedang mantai, saya sih berdoanya cuaca cerah supaya langit birunya terlihat jelas. Tapi kalau mendung juga senang sih, jadinya bisa main di pantai tanpa kepanasan hehehe.

    Saya juga pernah nih ke pantai-pantai Trenggalek tapi ga sempat ke Karanggongso T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini aku baru pertama kali dan langsung jatuh hati hehe... panas atau mendung yang penting mood musti santai pas di pantai hehehe..

      Hapus
  3. bagus dan bersih pantainya ya mbak

    BalasHapus