cara dan Manfaat Pijat bayi dengan sentuhan cinta

by - April 09, 2019



“Ibuk, pijitin dong”
”Yang sini ni, capek banget” sambil nunjuk kaki.
Begitu biasanya anak pertama saya bilang sebelum tidur. Saya biasanya memang menggunakan waktu sebelum tidur buat pijat sambil cerita tentang kegiatan hari ini. Mulai dari apa yang seru di sekolah sampai kegiatan yang mau dilakuin besok. Si masnya ini tingkahnya udah gak karuan. Aktifnya bukan main. Sepulang sekolah, sehabis ganti baju, langsung main ini itu. dan belum berhenti sampai azan dhuhur. Begitulah anak seusianya mennghabiskan energi. Di malam  hari ni, biasanya dia sudah kelelahan. Minta dipijitin kakinya.

Beda lagi adiknya. Anak saya yang kedua ini baru berusia satu tahun bulan februari lalu. Dia juga lagi aktif-aktifnya bermain. Rumah udah kayak playground tiap hari mainan ada dimana-mana. Maklum ya bu punya dua balita gini, bermainan adalah pekerjaan utama buat anak-anak. Ibunya nih kudu ekstra sabar kasih tahu ini itu. Karena lagi aktif-aktifnya, anak jadi sering rewel kalau kecapekan. Biasanya saya pijat seluruh badan biar rileks dan aktif lagi.

Ngomong-ngomong soal pijat nih, Sabtu lalu (6/4/19), saya diundang The Urban Mama dan Johnson’s Sentuhan Cinta. Acara bertajuk Pelatihan Pijat Bayi dan Manfaat Bagi Tumbuh Kembang si Kecil ini dilaksanakan di Ibis Style Hotel, Jemursari Surabaya. Seru banget acaranya. Semua yang hadir semangat sekali mengikuti tiap sesi acara. Terlebih, ada dua nara sumber yang keren dan kompeten di bidangnya. Yaitu, dr. Dyah Retno, SpA dan mbak Gina Puspanti Anggraini, seorang instruktur pijat bayi bersertifikat.


Dokter Dyah menjelaskan pentingnya stimulus sejak dini kepada bayi, terutama dilakukan selama golden period, 1000 hari pertamanya. “Stimulus yang baik itu multisensory dan sejak dini”, kata dr. Dyah. “Ini penting untuk pertumbuhan bayi. Bahkan bisa memperbaiki karakter bayi” lanjutnya. Multisensory ini maksudnya bisa menyentuh semua indra. Seperti indra penglihatan (mata), pendengaran (telinga), peraba (kulit), dan pembau (hidung). Salah satu cara untuk memberikan stimulus pada bayi adalah pijat bayi. Apalagi dilakukan dengan sentuhan cinta ibu. Iya, dengan tangan ibu sendiri bukan bidan atau dukun pijat ya hehe. Pijat bayi dengan setuhan cinta ini bisa membantu mempererat hubungan ibu dan bayi. Kata dokter Dyah, ini merupakan kunci perkembangan bayi. Bahkan, ikatan positif ibu dan bayi dapat membantu dalam membentuk pondasi untuk hubunganya di masa depan.

dr. Dyah Retno, SpA 

Nah, yang tak kalah penting, pijat bayi dengan sentuhan cinta ini juga punya banyak manfaat lain, seperti:
  1. Membantu meningkatkan kesehatan psikologis bayi
  2. Memperlancar saluran pencernaan dan makanan bisa diserap lebih baik
  3. Meningkatkan imunitas bayi dan kepadatan tulang
  4. Berpengaruh terhadap system saraf (stimulasi sensorik selama pijat, membantu otak bayi untuk berkembang dan bekerja lebih cepat)
  5. Mengurangi kerewelan bayi. Bayi yang terbiasa dipijat cenderung lebih mudah bersosialisasi. Seperti melakukan kontak mata dengan orang lain, tersenyum dan berbicara dengan ramah.
  6. Meningkatkan kualitas dan durasi tidur bayi
Bermanfaat banget kan bu pijat bayi dengan sentuhan cinta ini buat buah hati.  Lebih jauh lagi, dokter Dyah juga menjelaskan bahwa pijat bayi tidak hanya bermanfaat untuk anak saja. Bagi ibu, pijat bayi juga punya kegunaan yang tak kalah pentingnya.

Pertama, bisa mengurangi tingkat stres ibu. Kedua, mampu memahami bahasa non verbal bayi. Dua manfaat ini sebenarnya saling berkaitan. Saat melakukan pijat bayi dengan sentuhan cinta, ibu bisa lebih paham mengenai bahasa tubuh bayi. Misalnya, ibu jadi bisa membedakan rengekan bayi haus, sakit perut, atau sedang tidak nyaman dengan sekitar. Kemampuan ini penting karena ibu jadi lebih tahu bagaimana memperlakukan bayinya saat kondisi tersebut. Ini berdampak baik pada ibu. Karena bisa mengurangi stress saat mengasuh bayi. Tahu kan bu, gimana bingungnya kalau bayi rewel tapi kita gak tahu musti ngapain?!. Yup, pijat bayi dengan sentuhan cinta adalah jawabanya.

Gina Puspanti Anggraini, Certified Infant Message Instructor
Lalu, bagaimana caranya memijat bayi dengan baik dan benar?! Nah, mbak Gina Puspanti Anggraini ini yang menjelaskan. Biasanya pijat bayi dilakukan selama 15-20 menit, sesuai kebutuhan. Pemijatan utamanya dilakukan pada 6 bulan pertama usia bayi. Ingat, bayi juga harus dalam keadaan sehat. Tiap gerakan pijat bayi dilakukan 6 kali dalam 8 ketukan. Pijatan bisa dilakukan dengan sentuhan yang ringan. Jika bayi sudah tampak nyaman, pijatan bisa dilakukan dengan lebih keras. Agar tetap rileks, ibu bisa memutar lagu agar tetap tenang dan nyaman. Lakukan terus kontak mata selama masa pijat bayi. Berikut beberapa langkah untuk memijat bayi:


1. Carres love
Letakkan kedua telapak tangan di atas dahi bayi dan pijat perlahan ke bawah mengarah ke dagunya seperti membuka buku

2. Relax
Pijat area alis, dari tengah ke samping menggunakan kedua ibu jari. Pijat perlahan.

3. Smile
Pijat secara perlahan dengan membuat pola senyuman di atas bibirr menggunakan ibu jari. Lakukan hal yang sama pada bawah bibir

4. Butterfly
Dengan kedua telapak tanganyang diletakkan di tengah dada, gerakkan kedua telapak tangan ke atas sampai bawah leher. Kemudian ke samping dan kebawah kembali ke tengan, tanpa mengangkat tangan.

5. Cross/menyilang
Letakkan kedua telapak tangan di kedua sudut tulang rusuk terbawah. Pijat menyilang dari arah pinggang menuju bahu dan sebaliknya. Lakukan secara bergantian, kanan dan kiri.

6. “I”
Pijat lembut dengan 3 ujung jari tanga membuat pola dari perut kiri atas bayi lurus ke bawah, seperti membentuk huruf “I”.

7. “Love"
Buat garis di atas perut dari kanan atas ke kiri atas bayi. Kemudian, lanjutkan dengan membuat garis ke bawah perut membentuk huruf “L”

8. “U”
Selesaikan dengan membuat huruf “U” terbalik dari perut sebelah kanan bayi. Arahkan jari perlahan ke atas perut dan turun mengarah ke perut sebelah kirinya.

9.Walking finger
Tekan seluruh bagian dinding perut dengan ujung jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis bergantian berjalan kanan ke kiri untuk mengeluarkan gelembung udara.

10. Finger shake
Goyang dan Tarik lembut setiap jarinya dari jempol hingga kelingking

11. Rolling
Guakan kedua telapak tangan untuk membuat gerakan seperti menggulung dari pangkal lenngan menuju pergelanga tangan.

12. Milking
Pegang tungkai bayi dengan kedua telapak tangan. Tangan kanan memegang tungkai atas dan tangan kiri memegang tungkai bawah (seperti memegang tongkat kasti). Buat gerakan seperti memerah secara berulang-ulang.

  • Milking India: gerakan memerah dari paha ke bawah lalu
  • Milking Swedia: gerakan memerah dari tungkai ke atas
13. Relax (kaki)
Pegang kedua pergelangan kaki bayi, silangkan ke atas sehingga mata kaki kanan luar bertemu dengan mata kaki kiri dalam. Kembalikan posisi kaki seperti semula, gerakan ini dilakukan dengan bergantian dan berulang-ulang.

14. Slip (pijatan meluncur)
Baringkan si buah hati dengan posisi dada di bawah (tengkurap). Posisikan satu telapak tangan ibu, tegak lurus dengan tulang punggung bayi. Gerakkan telapak tangan dengan lurus atas ke bawah, dari leher hingga bokong.

Masih bingung gimana praktekinya?! Sabar, lanjutkan dulu bacanya J

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, ada hal-hal yang harus dihindari saat memijat bayi. Antara lain:
  • Jangan memijat bayi saat lapar, baru minum atau makan
  • Jagan membangunkan bayi saat mau memijat
  • Jangan memaksakan bayi untuk dipijat pada bagian tertentu
  • Jangan memijat bayi dengan kuku yang panjang atau meggunakan perhiasan
  • Jangan memaksakan bayi untuk dipijat pada bagian tertentu. Jika anak sudah tidak mau, atau menangis saat proses pemijatan, hentikan. Ajak anak bercanda atau bernyanyi. Intinya, lakukan pemijatan seriang mungkin. Agar anak nyaman dan happy. 

Agar stimulasi berjalan dengan baik, ibu juga harus memperhatikan hal ini:
  • Sediakan alas yang rata dan bersih
  • Cuci tangan
  • Pilih ruangan yang hangat dan tidak berangin
  • Lakukan di waktu yang tepat. biasanya waktu yang baik untuk memulai memijat bayi adalah setelah mandi. Di saat mandi, ibu juga bisa melakukan kegiatan multisensory seperti yang disarankan dokter Dyah tadi. Saat mandi, anak bisa membau sabun yang wangi, mendengar gemericik air, atau kontak mata langsung dengan ibu saat membasuh tubuhnya. Kegiatan ini akan baik jika dilanjutkan dengan pijat bayi setelahnya.
Kalau dirumah, ibu biasanya pakai apa ni buat pijat bayi?! Kulit bayi sangat sensitif ya bu, jadi perlu perawatan terbaik untuk menjaganya tetap sehat. Nah, agar kulit bayi tetap terjaga saat melakukan pijat bayi dengan sentuhan cinta, JOHNSON’S, salah satu perusahaan produk bayi terkemuka, punya produk berkualitas untuk bayi melalui program Sentuhan Cinta.


Program ini mendorong para ibu di Indonesia untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi, khususnya selama periode emas. Dalam menjalankan kampanye ini, JOHNSON’S akan bekerja sama degan Habitat for Humanity, Alfamart dan Shopee.
Ibu juga bisa berpartisipasi dalam kampanye Sentuhan Cinta JOHSON’S. Caranya:

  • Setiap pembelian produk JOHNSON’S di Alfamart dan Shopee senilai minimal Rp. 25.000,-
  • Setiap pembelian JOHNSDON’S oil 125ml atau Top-to Toe Bath 400ml atau Baby Lotion 200ml di toko-toko lainya yang berpartisipasi dalam program sentuhan cinta
Dari transaksi tersebut di atas, ibu secara otomatis dapat menyumbang Rp. 500,- guna membantu pembangunan sarana kesehatan ibu dan anak (Posyandu) di Randusongo, Gresik, Jawa Timur. JOHNSON’S bekerjasama dengan Habitat for Humanity untuk menyalurkan bantuan tersebut.


Tidak hanya itu, untuk memastikan bayi di Indoesia mendapat perawatan yang terbaik, JOHNSON’S melakukan roadshow edukasi pelatihan pijat bayi ke 15 kota di Indonesia bersama 22 orang Tim Edukasi Profesional dari JOHNSON’S untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal.

Bahkan, di tahun 2017, JOHNSON’S berhasil mendapatkan Guinness World Records untuk pelatihan simulasi pijat bayi terbesar dengan 629 peserta bidan, bekerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia.
Keren kan bu. Untuk lebih jelas mengenai kampanye JOHNSON’S Sentuhan Cinta, bisa dilihat disini.

Nah, ini nih yang ditunggu dari tadi. Video langkah-langkah pijat bayi JOHNSON’S Sentuhan Cinta. Klik disini. Ibu bisa mempraktekkan sendiri cara pijat bayi yang baik dan benar dirumah. Jangan lupa gunakan JOHNSON’S Baby Oil atau JOHNSON’S Baby Lotion, agar kulit bayi tetap terjaga kelembapanya. Memijat bayi dengan menggunakan JOHNSON’S Baby Oil atau JOHNSON’S Baby Lotion juga bisa mengoptimalkan fungsi pijat bayi dengan sentuhan cinta. Selain itu juga dapat membantu termoregulasi, memperbaiki skin barier dan memperbaiki sirkulasi.

Acara yang dihadiri blogger Surabaya yang tergabung dalam #TUMBloggerMeetUp ini seru banget. Ada doorprice  yang dibagikan kepada para peserta. Antara lain, pemenang best dress saat acara berlangsung. Ada juga best instagram post yang berisi kegiatan hari itu. Para pemenang mendapatkan hadiah menarik dari JOHNSON'S Sentuhan Cinta.


Tapi jangan khawatir bu, buat ibu-ibu yang tidak bisa mengikuti acara pijat bayi sentuhan cinta dari JOHNSON’S secara langsung, ibu bisa ikut berpartisipasi melalui Instagram @johnsonsbaby_id. Caranya seperti ini



Yuk, kapan lagi nih bu pijat bayi bisa semenyenangkan ini. Selain dapat manfaatnya, dapat hadiah pula. Selamat memijat bayi dengan penuh cinta ya bu. Jangan lupa gunakan produk dari JOHNSON’S untuk menjaga kulit bayi tetap sehat dan ceria. Ada yang sudah ikutan?!





You May Also Like

0 comments