5 Barang Penunjang Kreatifitas Saat Di Rumah Saja

by - Mei 05, 2020



Rumah adalah tempat buat saya mendapat ide dan menyalurkannya. Membuat mainan dari kardus, ngeblog, ikut seminar daring, baca buku online, masak, beberes dll.

Banyak hal yang bisa dilakukan di rumah. Bersama dengan orang-orang tercinta, atau sendirian. Bagi para pekerja, berada di rumah saja mungkin justru melelahkan. Tapi bagi saya yang setiap hari berada di rumah, berkumpul bersama keluarga selama 24 jam menjadi berkah tersendiri.

Suami bekerja dari rumah. Anak sulung saya juga bermain dan bekerja di rumah. Jadi semua kumpul di rumah setiap hari.

Saya jadi lebih kreatif membuat menu makanan, membuat mainan dari barang bekas, atau jadi rajin ngeblog. Semuanya dilakukan di rumah.

Lalu, apa saja benda yang musti ada di rumah untuk menunjang kegiatan di rumah saja?

1. Wifi

Alhamdulillah masih bisa bayar wifi. Kondisi pandemi seperti saat ini memang musti pintar-pintar mengatur keuangan. Sebisa mungkin bisa terus berkarya mesti di rumah saja.

Akses internet menjadi kebutuhan pokok saat ini. Sejak pemerintah memberlakukan physical distancing. Suami work from home. Anak juga belajar dan bermain di rumah. Sesekali suami meeting via zoom. Mas Zafran juga punya tugas sekolah yang dikerjakan di rumah. Lalu dilaporkan ke guru via whatsapp.

Saya sendiri, mulai rutin nulis di blog. Ini juga lagi ikutan blogger perempuan network untuk menulis setiap hari selama ramadan. Jadi, wifi sangat menunjang pekerjaan sekaligus menjadi hiburan saat di rumah saja.

2. Laptop

Ini untuk saya dan suami sih. Suami tetap kerja dari rumah. Sedangkan saya, buat nulis blog, atau lihat tutorial DIY di youtube. Sering juga blog walking, dan melakukan kegiatan lain berbasis internet. Kalau tak ada barang ini bisa mati gaya.

Bisa sih pakai Hp tapi tetap saja kurang lego lihatnya. Saya lebih leluasa kalau ingin edit foto atau tulisan akai laptop.

3. Smartphone

Saya biasa menggunakan smartphone untuk baca buku daring. Atau belajar edit foto sederhana. Lebih sering untuk kepentingan foto produk jualan. Iya saya juga punya online shop baju anak. tapi saat ini lagi jualan masker kain dengan motif lucu-lucu. Bisa kepoin produknya di Instagram @zhaf.kids.

Hp juga saya gunakan untuk merekam kegiatan DIY bersama anak. Saya suka sekali membuat mainan dari barang bekas. Seperti kardus atau botol bekas. Rasanya seperti nostalgia jaman masih anak-anak.

Anak saya pun suka. Selain memperkuat bounding, membuat mainan sendiri juga banyak manfaatnya lo. Salah satunya menumbuhkan kreatifitas bersama anak.


4. Hand sanitizer

Ini barang penting yang harus ada saat pandemi. Biasaya dipakai kalau pas keluar rumah. Atau sedia satu dirumah kalau anak-anak habis bermain di luar. Bisa juga pakai sabun. Tapi anak-anak kadang pas cuci tangan sambil main air, jadi cuci badan sekalian. So, hand sanitizer membantu ‘meringkas’ pekerjaan saya. Cuci tangan saja. Gak pakai cuci baju atau cuci badan bocah L

5. Alat DIY

Saya suka sekali bebikinan di rumah. Seperti mainan dari kardus bekas, atau botol bekas. Untuk menunjang kegiatan tadi, alat DIY mutlak ada di rumah. Seperti gunting, cutter, penggaris, lem tembak, benang, jarum, krayon dll.

Mau tahu kreasi saya bersama anak saat membuat mainan kardus? Bisa lihat di ig saya @rizqillahzaen

Salah satu mainan kardus buatan saya. pesawat jet


Nah, itu tadi 4 barang yang musti ada di rumah biar tetap bisa berkreasi. Saat pandemi virus covid-19 ini berakhir, semoga kebiasaan berkreasi di rumah gak berhenti. Jadi bisa lebih kreatif. Apalagi, kalau bisa menghasilkan rupiah dari hobi. Wah bisa tambah senang ya.

Kalau kamu, dirumah ada apa aja bu biar tetap roduktif meski di rumah saja? sharing yuk…








You May Also Like

0 comments